Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Karyawan Kerja dari Rumah, Ini Langkah Bank Tekan Risiko Fraud

Chairwoman of Communication Forum for Banking Compliance Director Fransiska Oei menyampaikan keamanan sistem perbankan tetap harus menjadi prioritas utama dalam menerapkan WFH.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  20:29 WIB
Ilustrasi work from home - istimewa
Ilustrasi work from home - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tren pemberian otorisasi untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penyebaran virus corona di Tanah Air mulai tahun lalu.

Meski demikian, keamanan sistem perusahaan khususnya perbankan harus tetap menjadi prioritas utama dalam menggunakan opsi ini.

Chairwoman of Communication Forum for Banking Compliance Director Fransiska Oei menyampaikan keamanan sistem perbankan tetap harus menjadi prioritas utama dalam menerapkan WFH.

"Memang work from home ini menjadi tren semakin mendesak. Namun, ini juga menjadi celah untuk terjadinya fraud, atau kebocoran data," katanya dalam webminar Katadata, Rabu (24/3/2021).

Bankir yang juga merupakan Direktur Kepatuhan, Corporate Affairs & Legal di PT Bank CIMB Niaga Tbk. ini menjelaskan manajemen tidak boleh mengizinkan penggunaan laptop yang tak terdaftar dalam sistem core banking saat mengizinkan karyawan melakukan kerja dari rumah.

Selanjutnya, laptop yang digunakan pun harus memiliki enkripsi di harddisk-nya agar tak ada pihak yang mampu membaca data ketika laptop atau personal computer (PC) berpindah ke tangan yang tak bertanggung jawab.

Di samping itu, laptop atau PC yang digunakan karyawan harus dipasangi malware meski mengganggu kenyamanan akses karyawan. "Bahkan, izin untuk melakukan percetakan data fisik pun harus dibatasi. Printing hanya bisa dilakukan di kantor," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan Work From Home
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top