Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Unilever Kembangkan Program Industri Halal, Begini Pesan Wapres

Pesan itu disampaikan disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Peluncuran Unilever Muslim Centre Of Excellence (MCoE) secara virtual pada Kamis (8/4/2021).
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 09 April 2021  |  08:18 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendukung inisiatif perusahaan fast-moving consumer goods (FMCG) multinasional yakni Unilever yang mengembangkan program dan produk industri halal di Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam Peluncuran Unilever Muslim Centre Of Excellence (MCoE) secara virtual pada Kamis (8/4/2021). MCoE adalah rangkaian produk dan program yang relevan dengan kebutuhan konsumen muslim Indonesia dan juga dunia yang diprakarsai oleh PT Unilever Indonesia Tbk.

Wapres meyakini dengan adanya MCoE akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan produk halal di dalam negeri. Apalagi, MCoE juga akan kolaborasi dengan civitas academica dan lembaga riset di Indonesia untuk menghasilkan inovasi dan produk.

“Ini diharapkan dapat menjadikan UMKM Indonesia kembali bergerak dan berkembang menjadi bagian dari global value chain [rantai nilai global] khususnya produk-produk Unilever global,” ungkap Wapres.

Program ini akan berkolaborasi dengan enam pusat riset Unilever di Amerika Serikat, Inggris, Belanda, China, India, dan Indonesia. MCoE juga berkomitmen untuk mempercepat akses informasi mulai dari ide pengembangan produk , pembuatan, sampai penggunaan oleh konsumen.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga mengimbau agar penguatan industri halal ini mencakup seluruh industri potensial yang ada.

Selain produk yang dikonsumsi seperti makanan dan minuman, industri yang perlu mendapat penguatan di antaranya, farmasi dan obat-obatan tradisional, hasil pertanian dan produk protein, pariwisata ramah muslim, fashion (mode), kerajinan, dan produk kreatif lainnya.

“Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pengembangan sektor potensial tersebut sangat diperlukan guna mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tegasnya.

Menutup sambutannya, Wapres berpesan, agar ke depan program-program yang dijalankan oleh MCoE dapat diikuti oleh kalangan dunia usaha agar ekosistem industri halal Indonesia semakin kuat dan dapat memimpin ekonomi syariah global.

“Ke depan saya berharap, program Unilever Muslim Center of Excellence ini akan diikuti oleh pemain-pemain industri halal global lainnya, dengan mengambil langkah yang konkret dan implementatif untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk., Ira Noviarti menyampaikan Unilever MCoE yang berbasis di Indonesia akan menjadi percontohan bagi pasar global mengingat pasar konsumen muslim di Indonesia sangat beragam, dinamis, dan terus bertumbuh signifikan.

“Ke depan, Unilever Muslim Center of Excellence akan mampu menghasilkan blueprint yang akan bermanfaat bagi market muslim di negara-negara lain selain di Indonesia. Sekaligus mendorong volume ekspor Indonesia ke berbagai wilayah dunia,” tuturnya.

Sebagai informasi, MCoE merupakan wujud komitmen Unilever Indonesia dalam mendukung program-program pemerintah sebagai upaya memajukan perekonomian bangsa melalui sektor ekonomi syariah.

Perusahaan manufaktur asal Inggris ini telah mendirikan perusahaan di Tanah Air sejak 1933. Keseriusannya menggarap pasar produk halal terlihat setelah menjadi perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia pada 1994.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

produk halal Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top