Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Komoditas Moncer, Kredit Alat Berat Leasing Terganjal Supply

Permintaan pembiayaan alat berat tampak telah memasuki fase perbaikan, namun realisasinya tampak belum optimal pada semester I/2021 akibat keterbatasan supply.
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati harga komoditas meroket, realisasi piutang pembiayaan investasi oleh multifinance berkaitan alat berat dan truk masih belum maksimal akibat keterbatasan supply.

Finance Director sekaligus Corporate Secretary PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) Sudjono mengungkapkan permintaan pembiayaan alat berat tampak telah memasuki fase perbaikan, namun realisasinya belum optimal pada semester I/2021 akibat mengalami delay.

"Pembiayaan alat berat yang banyak men-support sektor komoditas membaik di tahun ini, namun memang sedikit terkendala karena ketersediaan alat yang tidak mencukupi kebutuhan. Sehingga sekarang masih banyak transaksi yang dalam antrian," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (23/6/2021).

Perusahaan pembiayaan berkode emiten BFIN ini memproyeksi pertumbuhan di sektor pembiayaan alat berat pada 2021 mampu mencapai lebih dari 20 persen ketimbang capaian 2020.

Terkini, pembiayaan produktif ke objek alat berat dan permesinan merupakan penyumbang booking terbesar kedua buat BFIN di periode kuartal I/2021, yakni 13,9 persen dari total Rp2,93 triliun. Sisanya, ditopang kredit mobil bekas sebesar 72,1 persen dan pembiayaan motor bekas 9,1 persen.

EVP Corporate Communication & Strategic Management Astra Credit Companies (ACC) Arifianto Soendoro mengungkapkan hal serupa, di mana realisasi pertumbuhan masih terhambat.

"Sepanjang tahun ini sudah lebih baik dibanding kuartal IV/2020. Tapi mirip dengan di otomotif, ketersediaan unit belum normal sehingga volume belum bisa terlalu besar. Sekarang ini yang bisa dapat unit cuma nasabah-nasabah prime saja," jelasnya kepada Bisnis.

Buktinya, secara umum pada kuartal I/2021 piutang pembiayaan dari perusahaan gabungan PT Astra Sedaya Finance, PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance, PT Cipta Sedaya Digital Indonesia, dan PT Pratama Sadya Sadhana ini memang tampak telah pulih.

Piutang pembiayaan konsumen naik dari Rp25,62 triliun pada akhir 2020 ke Rp26,77 triliun pada kuartal I/2021, investasi bersih sewa pembiayaan pun naik dari Rp1,97 triliun ke Rp2,01 triliun, adapun pembiayaan musyarakah naik dari Rp24 miliar ke Rp33 miliar.

Penurunan piutang pembiayaan ACC hanya tampak dari sisi piutang pembiayaan murabahah dari Rp1,77 triliun pada akhir 2020 ke Rp1,65 triliun pada kuartal I/2021 dan anjak piutang dari Rp79 miliar pada akhir 2020 ke Rp65 miliar pada kuartal I/2021.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menjelaskan bahwa realisasi perbaikan piutang pembiayaan dari alat berat dan mobil pengangkutan, sebenarnya diharapkan menjadi salah satu penolong perbaikan outstanding industri multifinance di kisaran 5 persen pada tutup buku periode 2021.

Terutama, bangkitnya kebutuhan pembiayaan alat berat nasabah multifinance di sektor pertambangan, agrikultur, dan kehutanan, yang berhubungan erat dengan batu bara, nikel, emas, CPO, serta bubur kertas.

"Kebutuhan alat berat untuk konstruksi sebenarnya juga ada, tapi kebanyakan mereka langsung diakomodasi bank. Jadi dampak paling besar buat kita memang kalau tiga sektor itu bangkit, sehingga kebutuhan alat berat dan mobil pengangkutan mereka meningkat," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper