Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelaskan Roadmap Bank Himbara, Wamen BUMN: Holding Ultra Mikro Akan Game Changer

Kartika mengatakan dalam waktu dekat BRI akan melakukan rights issue guna memuluskan pendirian holding ultra mikro. Dengan aksi itu, maka Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) akan masuk ke ekosistem ultra mikro di bawah kendali BRI. 
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  09:30 WIB
Jelaskan Roadmap Bank Himbara, Wamen BUMN: Holding Ultra Mikro Akan Game Changer
Logo Bank BUMN
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan roadmap BUMN di sektor keuangan.

Sebelumnya Kartika yang akrab dipanggil Tiko menjelaskan BUMN telah membagi fokus bisnis bank pelat merah. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. untuk fokus ke UMKM, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ke korporasi, PT Bank Negara Indonesia ke bisnis internasional dan Bank Tabungan Negara ke Kredit pemilikan rumah atau KPR.

Dia pun mengatakan dalam waktu dekat BRI akan melakukan rights issue guna memuluskan pendirian holding ultra mikro. Dengan aksi itu, maka Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) akan masuk ke ekosistem ultra mikro di bawah kendali BRI. 

"Ini akan jadi suatu game changer kita ingin bahwa Himbara tidak hanya akan memberikan pembiayaan ke sektor formal tapi setengah formal juga," ujar dalam Press Conference Optimisme Untuk Indonesia Kamis, (5/8/2021). 

Tiko pun menjelaskan dengan adanya holding ultra mikro ini, BRI dapat menjangkau kredit yang di bawah Rp10 juta. Dia menambahkan hingga saat ini terdapat 60 juta orang yang belum bisa capai mengakses pembiayaan yang formal dan diharapkan ke depannya 30 juta orang dapat diarahkan ke sektor formal. 

Untuk BNI, kata Tiko, akan difokuskan untuk memberikan pembinaan kepada UMKM, agar UMKM dapat go global dan meningkatkan ekspor.  "Dengan konfigurasi ini, peranan Himbara di bawah jasa keuangan semakin dalam dan semakin berperan dorong katalis perekonomian di berbagai sektor,” jelasnya.

Adappun, BTN dengan adanya KPR FLPP bisa meningkatkan akses kepada masyarakat untuk kepemilikan rumah. Dan dengan adanya Bank Syariah Indonesia, yang fokus dalam mengembangkan pasar syariah dan menyalurkan pembiayaan berbasis syariah.

Tiko pun menutup dengan mengatakan BUMN di sektor keuangan sudah aktif melakukan digitalisasi sesuai segmen. "BRI di mikro, Mandiri lebih ke korporasi, BNI di bisnis internasional, dan BTN pada perumahan," tutup Tiko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan perbankan syariah bank bumn
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top