Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Properti Tumbuh, Bank Mandiri Gelar Pameran KPR Online

Berdasarkan data uang beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), penyaluran kredit properti per Agustus 2021 tumbuh 5,1 persen.
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. di Jakarta, Kamis (4/7). Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. di Jakarta, Kamis (4/7). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan kredit di sektor properti per Agustus 2021 membuat PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memacu bisnis kepemilikan rumah dan apartemen lewat pameran virtual, yang diselenggarakan mulai Oktober 2021.

Berdasarkan data uang beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), penyaluran kredit properti per Agustus 2021 tumbuh 5,1 persen. Capaian ini meningkat dibandingkan dengan Juli yang tumbuh 4,9 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Pertumbuhan itu ditopang oleh pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA), dengan kenaikan 7,4 persen dan 7,8 persen yoy pada Agustus 2021, terutama pada KPR tipe di atas 70 di Banten dan Jakarta.

Menyikapi pertumbuhan itu, Bank Mandiri akan menggelar pameran properti secara daring yang bisa dikunjungi melalui situs web mandirifestivalproperti.com. Acara tersebut menggandeng lebih dari 300 proyek properti dan e-commerce.

EVP Consumer Loans Group Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan bahwa Mandiri Festival Properti merupakan strategi memperluas penetrasi bisnis KPR Bank Mandiri, di samping menjadi bentuk inovasi strategi pemasaran di masa pandemi.

Menurutnya, di tengah pertumbuhan kredit di sektor properti, perseroan menawarkan kemudahan proses pembelian bagi nasabah dan masyarakat dalam mencari hunian lewat acara tersebut. Selain itu, ada juga beragam promosi menarik yang ditawarkan.

Dalam acara ini, Bank Mandiri menawarkan promo spesial hari ulang tahun perseroan ke-23 dengan pilihan suku bunga KPR 2,3 persen fix 1 hingga 3 tahun untuk nasabah dan developer pilihan. Promo ini berlaku sepanjang Oktober 2021.

Ignatius menambahkan bahwa pelaksanaan acara tersebut dilatarbelakangi untuk menggairahkan industri KPR nasional. Sebab, daya beli masyarakat saat ini menunjukkan pergerakan positif, meskipun masih dalam situasi pandemi.

“Untuk itu, bank harus selalu bersinergi dengan developer guna membantu pemerintah untuk menggerakan perekonomian dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya dalam webinar, Rabu (29/9/2021).

Country Manager Rumah123.com Mari Herawati Manik mengatakan data internal perusahaan mencatat bahwa demand properti saat ini meningkat di masyarakat, dibandingkan dengan tahun lalu.

Dia juga menuturkan bahwa listing saat ini masih didominasi oleh rumah tapak, yakni 92 persen. Hasil ini berdasarkan consumer survey yang dilakukan perusahaan pada Juli 2021.

“Selain rumah tapak, yang menarik adalah di posisi kedua adalah ruko, dan terakhir itu apartemen. Jadi, itu adalah tipe properti yang diminati konsumen saat ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper