Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Tertekan, Begini Prospek Kartu Kredit BCA (BBCA) hingga Akhir Tahun

Vaksinasi Covid-19 yang semakin gencar membuat mobilitas kembali terjadi dan berpengaruh pada pemakaian kartu kredit. Hal ini juga turun mendorong kenaikan transaksi kartu kredit.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  14:11 WIB
Sempat Tertekan, Begini Prospek Kartu Kredit BCA (BBCA) hingga Akhir Tahun
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyebutkan bisnis kartu kredit mulai membaik pada kuartal III/2021, seiring dengan kebijakan PPKM yang lebih longgar. 

Executive Vice President PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan transaksi kartu kredit pada September 2021 meningkat tipis sekitar 2 persen secara year-to-date (ytd), meski di tahun sebelumnya sempat mengalami tekanan.

I Ketut menuturkan, bisnis kartu kredit sempat mengalami tekanan pada saat pemerintah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, sejalan dengan vaksinasi Covid-19 yang semakin meningkat dan relaksasi dari aturan mobilitas juga diperlonggar, membuat masyarakat sudah bisa melakukan aktifitas di luar ruang.

“Jadi itu meningkatkan transaksi kartu kredit, sehingga kalau kita lihat secara year to date September 2021 dibandingkan tahun 2020, sebenarnya sudah meningkat tipis sekitar 2 persen,” kata I Ketut dalam acara virtual Peluncuran Kartu Kredit BCA dan tiket.com, Senin (25/10/2021).

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, I Ketut mengungkapkan bahwa periode Maret-April merupakan periode yang terendah dalam penggunaan kartu kredit. Sedangkan di tahun 2021, penggunaan kartu kredit terendah juga dirasakan di periode Juli dan Agustus.

“Prospek bisnis kartu kredit di tahun 2021, kita bisa jelaskan secara umum. Artinya, pemakaian kartu kredit, walaupun selama masa pandemi transaksi online itu meningkat, tetapi belum bisa me-replace kontribusi dari transaksi offline,” ujarnya.

I Ketut melihat, vaksinasi Covid-19 juga semakin digencarkan. Hal ini yang membuat mobilitas kembali terjadi dan berpengaruh pada pemakaian kartu kredit.

“Vaksinasi yang semakin meningkat, mobilitas juga semakin berkembang, transaksi kartu kredit jadi ikut seiring naik. Jadi ini akan membantu banyak orang yang bertransaksi semakin nyaman, sektor riil jadi bergerak, termasuk industry tourism,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca kartu kredit bbca transaksi kartu kredit
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top