Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Implementasi Keuangan Berkelanjutan, OJK Terapkan 4 Langkah Strategis

OJK menegaskan komitmen jangka panjang dalam mendukung keuangan berkelanjutan untuk memastikan kelancaran transisi menuju ekonomi rendah karbon.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 03 November 2021  |  20:03 WIB
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya mendorong penerapan prinsip keuangan berkelanjutan. Upaya tersebut dilakukan dengan menerapkan empat langkah strategis dalam menangani isu-isu terkait iklim. 

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan komitmen jangka panjang OJK dalam mendukung keuangan berkelanjutan untuk memastikan kelancaran transisi menuju ekonomi rendah karbon.

“OJK terus mendukung komitmen Pemerintah Indonesia terhadap Perjanjian Paris dan mencapai tujuan Net Zero Emission, melalui empat langkah strategis dan membentuk Task Force keuangan berkelanjutan,” kata Wimboh dalam pertemuan High Level Meeting Ministerial Talk pada Indonesia Pavilion di Glasgow, Senin (1/11/2021). 

Adapun empat langkah yang dimaksud Wimboh. Pertama, penyelesaian taksonomi hijau. Wimboh menerangkan, OJK telah mengeluarkan kebijakan dalam mendukung inisiatif sektoral melalui obligasi hijau dan kendaraan listrik.

Tak hanya itu, pembentukan carbon exchange dengan menurunkan bobot risiko kredit untuk produsen kendaraan listrik berbasis baterai yang sebelumnya 75 persen menjadi 50 persen juga dilakukan OJK sebagai komitmen mencapai keuangan berkelanjutan.

“OJK tengah menyusun taksonomi hijau sebagai panduan pengembangan produk keuangan yang inovatif dan berkelanjutan,” ucapnya.

Selain itu, OJK juga telah membentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan untuk memastikan percepatan dan efektivitas penerapan prinsip keuangan berkelanjutan di sektor keuangan berjalan dengan baik.

Kedua, pengembangan kerangka manajemen risiko. Langkah kedua ini dilakukan untuk industri jasa keuangan dan pedoman pengawasan berbasis risiko untuk pengawas dalam rangka menerapkan risiko keuangan terkait iklim.

Ketiga, pengembangan skema pembiayaan atau pendanaan proyek yang inovatif dan feasible. Keempat, peningkatan awareness dan capacity building untuk seluruh stakeholders.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK keuangan berkelanjutan
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top