Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTPN Syariah (BTPS) Kantongi Peringkat AAA dari Fitch Ratings

PT Bank BTPN Syariah Tbk. mengantongi peringkat AAA Outlook Stabil dari Fitch Ratings Indonesia.
Pejalan kaki berjalan melewati logo PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk atau BTPN Syariah di Jakarta, Senin (13/1/2020). Bisnis/Dedi Gunawann
Pejalan kaki berjalan melewati logo PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk atau BTPN Syariah di Jakarta, Senin (13/1/2020). Bisnis/Dedi Gunawann

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank BTPN Syariah Tbk. mengantongi peringkat AAA Outlook Stabil dari Fitch Ratings Indonesia.

Peringkat ini diberikan dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau kesatuan moneter yang sama.  

Berdasarkan laporan Fitch pada Selasa (2/11/2021), Fitch percaya bahwa BTPN memiliki kecenderungan tinggi untuk mendukung bank, mengingat peran penting anak perusahaan dalam grup.

“Fokus BTPN Syariah pada bisnis pembiayaan ultra-mikro dan syariah mendukung strategi BTPN untuk menjadi bank umum universal terkemuka di Indonesia dan pada akhirnya upaya SMBC untuk berekspansi di Indonesia, pasar dengan prospek pertumbuhan yang lebih kuat daripada pasar dalam negeri Jepang,” tulis Fitch dalam laporan, seperti diikutip pada Kamis (4/11/2021).

Tak hanya itu, penilaian Fitch juga didukung oleh kontribusi kuat BTPN Syariah kepada perusahaan induk yang menyumbang sekitar 45 persen dari laba operasional konsolidasi BTPN dalam empat tahun terakhir.

“Selain itu, mereka telah berbagi branding dan kami percaya ada risiko reputasi yang besar bagi perusahaan induk dan, selanjutnya, reputasi grup secara keseluruhan di pasar luar negeri, jika BTPN Syariah gagal bayar,” sambungnya.

Jika dilihat dari sisi kinerja, aset BTPN Syariah menyumbang 10 persen dari total aset BTPN. Meski demikian, nilai tersebut kurang dari 0,1 persen dari aset SMBC per Juni 2021.

“Profil kredit mandiri bank tidak mendorong peringkatnya, tetapi mencerminkan pandangan Fitch tentang franchise kecil dan selera risiko yang tinggi, diimbangi oleh permodalan dan pendapatan dan profil profitabilitas yang memuaskan yang lebih baik daripada pesaing-pesaingnya,” jelasnya.

Namun, Fitch mewanti-wanti BTPN Syariah jika perseroan mengalami penurunan Nasional Jangka Panjang yang diakibatkan dari melemahnya profil kredit secara keseluruhan terhadap peringkat nasional entitas.

“Hal ini dapat diakibatkan oleh penurunan peringkat ke Peringkat Nasional Jangka Panjang BTPN, atau jika Issuer Default Rating (DR) Jangka Panjang SMBC diturunkan ke bawah 'A-',” terangnya.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Kamis (4/11/2021), Fitch juga mengafirmasi peringkat PT Bank BTPN Tbk. yaitu Peringkat Nasional Jangka Panjang AAA Outlook Stabil, Peringkat Nasional Jangka Pendek di F1 dan Peringkat Nasional Jangka Panjang di AAA untuk obligasi berkelanjutan IV Bank BTPN Tahap I Tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper