Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Cara Mengumpulkan DP Rumah, Lakukan Selagi Muda! 

Bagi Anda berencana membeli properti, berikut 8 cara mengumpulkan DP rumah seperti dikutip dari situs Clever Girl Finance pada Selasa (14/12/2021). Lakukan selagi Anda masih muda! 
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  10:40 WIB
Ilustrasi cara menabung DP rumah - Freepik
Ilustrasi cara menabung DP rumah - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli rumah pertama merupakan langkah keuangan yang besar bagi sebagian orang. Berikut 8 cara mengumpulkan uang muka atau DP (down payment) rumah pertama. Lakukan ini selagi masih muda. 

Mahalnya harga jual rumah saat ini membuat nominal yang Anda perlu simpan untuk uang muka rumah bisa tampak menakutkan. Meskipun demikian, mengumupulkan DP rumah bukanlah hal yang  tidak mungkin.

Kepemilikan rumah bisa menjadi salah satu pilar membangun aset. Namun, pastikan keputusan untuk membeli rumah tidak menjadi beban keuangan. Karena itu, Anda harus siap dengan kewajiban keuangan serta investasi sebelum memutuskan untuk membeli rumah, baik secara tunai (cash) maupun kredit pemilikan rumah (KPR). 

Sebelum menghitung berapa cicilan KPR yang ditanggung per bulan, Anda harus menyiapkan uang muka. Nominal DP dapat disesuaikan dengan persyaratan bank. Namun, Anda sebaiknya menyiapkan uang DP yang cukup besar agar beban cicilan per bulan lebih ringan. 

Bagi Anda berencana membeli properti, berikut 8 cara mengumpulkan DP rumah seperti dikutip dari situs Clever Girl Finance pada Selasa (14/12/2021). Lakukan selagi Anda masih muda! 

1. Tentukan Target Uang Muka Rumah 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu menentukan target uang muka (DP) rumah yang ingin Anda tabung. Jumlah uang muka Anda akan selalu dihitung sebagai persentase dari harga rumah dan tergantung pada bank penyedia KPR dan jenis pinjaman yang Anda pilih. 

Meski saat ini ada program DP nol rupiah, sebaiknya Anda menyediakan minimal 5 persen-20 persen dari harga jual rumah untuk pembayaran uang muka. Namun, konsultasikan ke developer dan bank penyedia KPR terkait jumlah DP yang dibutuhkan. 

2. Buat Tabungan Bulanan 

Jumlah DP rumah bisa bernilai belasan hingga puluhan juta. Karena itu, penting bagi Anda untuk menabung persiapan uang muka rumah secara rutin. Anda perlu membuat tabungan bulanan dengan tujuan khusus. Tujuan tabungan Anda adalah nominal DP rumah yang Anda butuhkan. 

Untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak yang sebenarnya dapat Anda hemat setiap bulan, Anda perlu membuat anggaran. Budgeting yang tepat akan membantu Anda mengidentifikasi berapa banyak arus kas ekstra yang Anda miliki di akhir bulan. 

Sebagai contoh, target DP rumah yang Anda butuhkan sebesar Rp100 juta. Anda ingin mencapai tujuan tersebut dalam 2 tahun. Maka, jumlah yang harus Anda tabung sekitar Rp4 juta per bulan. Pastikan dana tersebut cukup dengan jumlah pendapatan dan pengeluaran Anda saat ini.

3. Tambahkan Tabungan DP Rumah ke Budgeting 

Setelah mengidentifikasi tujuan penghematan bulanan, Anda perlu menambahkan alokasi untuk tabungan DP rumah ke anggaran (budgeting) Anda. Ini berarti Anda akan mulai memperlakukan tabungan DP sebagai pengeluaran rutin dan memastikan dana tersebut dibayar setiap bulan. 

4. Tentukan Jangka Waktu Anda Pembelian Rumah 

Waktu merupakan hal penting saat pembelian rumah. Hal itu mengingat seberapa cepat pasar penjual dapat berubah menjadi pasar pembeli.

Semakin disiplin Anda mengurangi pengeluaran dan meningkatkan penghasilan Anda, maka kian sedikit waktu yang dibutuhkan untuk menabung uang muka rumah Anda. 

Untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung, cukup bagi target uang muka Anda dengan target tabungan bulanan Anda. Jika Anda ingin mempersingkat waktu yang diperlukan untuk menabung, temukan cara-cara kreatif untuk mengurangi pengeluaran Anda lebih jauh dan meningkatkan penghasilan Anda untuk menambahkan uang ekstra ke tabungan Anda. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba:

- Ambil pekerjaan sampingan (freelance) untuk meningkatkan penghasilan Anda

- Kurangi pengeluaran seperti langganan layanan streaming, anggaran makan di luar, dan belanja

- Lunasi utang

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpr personal finance rumah uang muka rumah tips investasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top