Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Bawah Kendali BPKH, Bank Muamalat Punya Fokus Baru

BPKH resmi menjadi pemegang saham pengendali Bank Muamalat Indonesia atau BMI setelah Islamic Development Bank (IDB) menghibahkan 7,9 miliar saham pada 16 November 2021. Adapun, saat ini BPKH menggenggam sekitar 82,7 persen saham Bank Muamalat.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 Februari 2022  |  19:37 WIB
Di Bawah Kendali BPKH, Bank Muamalat Punya Fokus Baru
Warga melintas didekat logo bank Muamalat di Makassar, Sulawesi Selatan. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Muamalat Tbk. yang saat ini dikendalikan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) akan berfokus menghadirkan inovasi layanan ke ekosistem haji dan umrah.

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi menyatakan bahwa pada tahun ini perseroan akan cenderung menghadirkan inovasi kepada nasabah haji dan umrah. Menurutnya, ini tidak terlepas dari hadirnya BPKH sebagai pengendali baru.

“Inovasinya akan lebih banyak yang berkaitan dengan ekosistem haji dan umrah. Paling lambat akhir bulan ini akan ada inovasi baru. Tunggu tanggal mainnya,” ujar Purnomo saat ditemui di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

BPKH resmi menjadi pemegang saham pengendali Bank Muamalat Indonesia atau BMI setelah Islamic Development Bank (IsDB) menghibahkan 7,9 miliar saham pada 16 November 2021. Adapun, saat ini BPKH menggenggam sekitar 82,7 persen saham Bank Muamalat.

Sebagai pemegang saham mayoritas, BPKH akan mengucurkan dana investasi senilai Rp1 triliun dari rights issue dan Rp2 triliun untuk membeli instrumen subordinasi berbasis akad syariah.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad K. Permana mengatakan dana investasi dari BPKH akan masuk dalam komponen modal tier I. Selain digunakan untuk memperkuat struktur permodalan, dana tersebut akan dipakai untuk ekspansi bisnis perseroan.

Salah satu langkah ekspansi bisnis Bank Muamalat, kata Permana, adalah menggencarkan layanan perbankan ke ekosistem haji dan umroh, serta berbagai sektor di ekosistem halal.

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana BPKH, Anggito Abimanyu menuturkan bahwa investasi yang dilakukan pihaknya ke Bank Muamalat merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.

Menurutnya, melalui kepemilikan Bank Muamalat, BPKH dapat menjangkau dan melayani lebih banyak calon-calon jemaah haji. Di sisi lain, Bank Muamalat juga memiliki jaringan yang kuat di sektor perhajian, umrah, pembiayaan UMKM, serta pasar konsumen muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah perbankan bank muamalat bpkh
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top