Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Dian Ediana Rae, Calon Dewan Komisioner OJK Pengawas Perbankan

Dian Ediana Rae maju bersama 13 orang lain untuk mengikuti fit and proper test calon dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 14 Calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengikuti fit and proper test di DPR RI.

Dari belasan nama tersebut, Dian Ediana Rae menjadi salah satu calon yang akan mengisi kursi pengawas perbankan. Berikut ulasan profil mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tersebut. 

Dari latar pendidikan, Dian memiliki keilmuan yang kental di bidang hukum, ekonomi dan bisnis. Dian mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia dan berhasil menyabet gelar Doktor Bidang Hukum Ekonomi Keuangan dengan predikat cumlaude. 

Dian juga telah menamatkan pendidikan di luar negeri antara lain Master Bidang Hukum Bisnis di University of Chicago Law School, dan sempat menggali ilmu di Law Course di Georgetown University Washington DC, Amerika Serikat, dan Summer School for International Finance Law di Oxford University, Inggris.

Sejalan dengan keilmuan yang dimiliki, Dian pun banyak berkecimpung di bidang hukum ekonomi dan bisnis. Sebelum menjabat sebagai ketua PPATK hingga 2021, Dian pernah juga menempati beberapa posisi penting seperti Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia. 

Pada 2010-2013, Dian menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI untuk Eropa di London, Inggris. Setelah itu dia melanjutkan perjalanan karirnya di Bank Indonesia, sebelum akhirnya menjadi Wakil Ketua PPATK pada 2016-2020. 

Setelah 5 tahun menjabat sebagai Wakil Ketua PPATK, pada 2020 Dian diangkat sebagai kepala PPTAK menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin yang meninggal pada 14 Maret 2020. 

Tidak hanya itu, di mata internasional, Dian juga terpilih sebagai Vice Chair di Kelompok Kerja Pertukaran Informasi the Egmont Group. The Egmont Group adalah organisasi internasional yang mewadahi seluruh lembaga intelijen keuangan (Financial Intelligence Unit/FIU) di dunia.

Dia juga terpilih sebagai Regional Representative the Egmont Group untuk kawasan Asia Pasifik, anggota the Egmont Group Committee, serta sebagai Co-Chair dalam Financial Intelligence Consultative Group (FICG) di kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper