Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aset BUMN Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Melejit Sampai Rp114,5 Triliun

Aset PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) naik 12 persen sepanjang tahun lalu menjadi Rp114,5 triliun, dari sebelumnya Rp100,74 triliun pada periode 2020.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 10 April 2022  |  14:53 WIB
Logo PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Logo PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan infrastruktur pelat merah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI mencatatkan pertumbuhan total aset hingga 12 persen (year-on-year/yoy) pada tutup buku 2021.

Berdasarkan laporan keuangan SMI yang dipublikasikan di Harian Bisnis Indonesia, total aset ini tepatnya senilai Rp114,5 triliun, dari sebelumnya Rp100,74 triliun pada periode 2020.

Pertumbuhan aset BUMN berstatus Special Mission Vehicles (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan ini terutama merupakan kontribusi tumbuhnya outstanding pinjaman bersih tersalurkan, dari Rp64,95 triliun pada 2020 menjadi Rp74,75 triliun pada 2021.

Sebagai informasi, pembiayaan atau investasi terhadap proyek-proyek infrastruktur merupakan bisnis utama SMI. Lainnya, ada jasa konsultasi dan pengembangan proyek seperti membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

Tahun lalu, SMI juga banyak tertolong oleh mandat pemerintah, yaitu pemberian akses pinjaman kepada proyek atau kegiatan pemulihan ekonomi pemerintah daerah (PEN Pemda).

Mandat ini bertujuan mempermudah Pemda agar tetap mampu membangun proyek infrastruktur strategis yang dibutuhkannya, di tengah anggaran yang banyak tersedot untuk penanganan pandemi Covid-19. Misalnya, fasilitas kesehatan, proyek air minum (SPAM), bendungan, rumah susun, sampai transportasi.

Banyaknya kebutuhan dari proyek-proyek tersebut juga terlihat dari arus kas terkait penyaluran pinjaman diberikan SMI, di mana dari periode 2020 senilai Rp17,76 triliun, naik menjadi Rp21,48 triliun pada 2021.

Terakhir, dilihat dari kinerja laba-rugi, SMI berhasil mencetak laba bersih Rp1,83 triliun, turun tipis dari periode sebelumnya senilai Rp1,9 triliun. Pasalnya, pendapatan

Sebagai informasi, SMI merupakan salah satu jajaran teratas BUMN yang rajin menyumbang dividen alias kekayaan negara dipisahkan buat anggaran negara. Apabila sesuai rencana APBN 2021, dari kinerja laba-rugi tersebut, SMI dipatok berkontribusi senilai Rp600 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur pt smi sarana multi infrastruktur
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top