Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Besar Punya Peluang Cetak Laba pada Tahun Ini, Kok Bisa?

Direktur Riset Core Piter Abdullah menilai bank besar masih bisa mencetak laba pada tahun ini, meskipun diadang situasi global dan likuiditas yang cenderung mengetat.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  17:02 WIB
Bank Besar Punya Peluang Cetak Laba pada Tahun Ini, Kok Bisa?
Bank Besar Punya Peluang Cetak Laba pada Tahun Ini, Kok Bisa?/ Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah menilai perbankan, khususnya bank besar, masih mencetak laba pada tahun ini meski diadang gejolak akibat situasi global dan likuiditas yang cenderung mengetat.

“Apalagi BI [Bank Indonesia] juga masih menjaga suku bunga acuan di level rendah. Artinya, bank masih bisa mempertahankan margin bunga yang tinggi, yang artinya mendapatkan keuntungan yang besar,” kata Piter kepada Bisnis, Minggu (26/6/2022).

Sebagaimana diketahui, bank sentral dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 22-23 Juni 2022 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan keputusan ini sejalan dengan perlunya pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar, serta tetap mendukung pertumbuhan ekonomi, di tengah naiknya tekanan eksternal terkait dengan meningkatnya risiko stagflasi di berbagai negara.

Menurut Piter, pertumbuhan keuntungan bank bisa melambat apabila proses pulihnya terdampak negatif oleh gejolak global dan atau oleh adanya gelombang baru pandemi. Namun sejauh ini, kata Piter, pandemi meskipun terjadi kenaikan kasus, itu diperkirakan akan terus melandai dan tidak akan mengganggu pemulihan ekonomi.

“Bank-bank, khususnya bank besar, masih akan bisa menikmati laba yang terus meningkat,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menjadi bank paling cuan per April 2022. Bank pelat merah dengan sandi saham BBRI itu meraih laba bersih Rp14,43 triliun, tumbuh 62,85 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Perolehan tersebut bersaing ketat dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA). Sampai dengan April 2022, Bank Mandiri meraup laba bersih Rp12,06 triliun, sementara BCA membukukan laba bersih senilai Rp11,477 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia perbankan core indonesia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top