Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasabah Bank Aladin (BANK) Bisa Setor dan Tarik Tunai di 17.000 Gerai Alfamart

Presiden Direktur Bank Aladin Dyota Marsudi mengatakan kendati penetrasi internet di Indonesia terbilang tinggi, tetapi masyarakat dinilai masih membutuhkan layanan
Nasabah Bank Aladin (BANK) Bisa Setor dan Tarik Tunai di 17.000 Gerai Alfamart. /Bisnis-Himawan L Nugraha
Nasabah Bank Aladin (BANK) Bisa Setor dan Tarik Tunai di 17.000 Gerai Alfamart. /Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) atau Alfamart. Melalui kerja sama ini, nasabah bank akan dapat melakukan transaksi tarik dan setor uang tunai, baik dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

Presiden Direktur Bank Aladin Dyota Marsudi menjelaskan fitur ini dinilai penting karena tingkat penetrasi internet sebesar 73,7 persen dari total penduduk pada awal 2022. Akan tetapi sebagai negara dengan pengguna internet lebih dari 200 juta orang, populasi underbanked Indonesia berada di peringkat ketiga terbesar di dunia.

Artinya, Dyota menjelaskan ada lebih dari 77 persen masyarakat dewasa di Indonesia belum memiliki atau memiliki keterbatasan akses finansial. Maka dari itu, fitur tarik-setor tunai ini diyakini akan sangat membantu segmen yang perseroan targetkan, yakni underbanked dan unbanked.

“Kolaborasi dari Aladin Bank dan Alfamart memungkinkan edukasi keuangan dan pembangunan infrastruktur pendukung terjadi melalui ketersediaan akses perbankan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat,” kata Dyota dalam acara Launching Fitur Tarik-Setor Tunai di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga menjadi negara pemegang aset keuangan syariah terbesar ke-9 di dunia. Namun, hingga akhir 2020 penetrasi perbankan syariah di Indonesia masih tertahan di angka 6,5 persen dibandingkan perbankan konvensional.

“Melihat peluang pasar digital dan syariah di Indonesia yang begitu besarnamun masih underpenetrated dalam layanan keuangan tersebut, Aladin Bank bersama Alfamart terpacu untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk merasakan manfaat layanan perbankan syariah,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh menyampaikan Alfamart dan Bank Aladin memiliki kesamaan visi untuk bisa lebih baik dalam pelayanan.

Konsumen kami dapat menikmati pengalaman yang unik dan baru di toko dengan layanan perbankan yang ditawarkan pihak Aladin. Ini sangat relevan dengan kebutuhan keuangan konsumen Alfamart, terutama konsumen milenial kami yang sudah akrab dengan teknologi digital,” jelas Ryan. 

Dengan demikian, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan value added tersendiri bagi Alfamart untuk berkontribusi dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper