Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asal Konsisten, Ini 10 Tips Menabung Untuk Membeli Rumah Sendiri 

Mulailah merencanakan cara menabung yang efektif, agar bisa membeli rumah dengan cara yang realistis tanpa harus mengorbankan apapun.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  21:31 WIB
Asal Konsisten, Ini 10 Tips Menabung Untuk Membeli Rumah Sendiri 
Ilustrasi - jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA – Membeli sebuah rumah adalah impian bagi beberapa banyak orang. Namun, ada beberapa kendala yang bisa muncul terkait pendapatan saat berencana untuk membeli rumah sendiri.

Dilansir Rocketmortgage pada Rabu (6/7/2022), menjelaskan bila Anda ingin membeli rumah, maka buatlah pertimbangan untuk pembelian rumah dengan harga terjangkau.

Kemudian, mulailah untuk merencanakan bagaimana cara menabung yang efektif agar dapat membeli rumah dengan cara yang realistis tanpa harus mengorbankan apapun.

Nah, simak berikut ini tips menabung yang sederhana dan realistis untuk tujuan tertentu yang dilansir Bettermoneyhabits Bank of America pada Rabu (6/7/2022), di antaranya:

1. Catat pengeluaran Anda

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang Anda belanjakan. Catat semua pengeluaran Anda, termasuk pengeluaran untuk makan, barang-barang rumah tangga, dan tagihan bulanan rutin.

Catat pengeluaran Anda dengan pensil dan kertas, spreadsheet sederhana, atau aplikasi pencatat pengeluaran online. Setelah Anda memiliki data, atur angka pengeluaran berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan, dan pengeluaran lainnya, dan jumlahkan per hari atau per bulan.

2. Buat Anggaran Pembelian Rumah 

Setelah Anda mengetahui apa yang dibelanjakan dalam sebulan, maka Anda sekarang sudah dapat membuat anggaran yang berdasar dari penghasilan dan rencanakan untuk peningkatan tabungan sebanyak 15 sampai dengan 20 persen dari penghasilan Anda.

3. Tinjau Tagihan Berulang

Batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak Anda gunakan, karena hanya akan membuang- buang penghasilan saja, terutama jika diperpanjang secara otomatis.

4. Periksa Biaya Makan di Luar vs Memasak di Rumah

Rencanakan untuk makan setiap harinya di rumah, hal berguna untuk penghematan pengeluaran Anda untuk kategori makanan dan biasanya dengan makan di rumah akan memangkas lebih besar anggaran untuk makan.

5. Tunggu Sebelum Anda Membeli

Saat tergoda oleh pembelian yang tidak penting, tunggu beberapa hari. Anda mungkin menyadari bahwa barang itu adalah sesuatu yang Anda inginkan daripada dibutuhkan, maka dari itu pilih lah opsi membeli barang yang dibutuhkan daripada membeli karena rasa ingin saja.

6. Lewatkan Masa Liburan Anda

Dengan melewatkan masa liburan ini bisa menjadi potongan anggaran yang besar untuk Anda, biasanya orang-orang akan kalap saat liburan dengan tergoda pergi ke banyak tempat dan juga membeli banyak hal di lokasi liburan. Untuk mengganti hal ini Anda bisa mencari cara untuk membuat masa liburan Anda menyenangkan tanpa mengeluarkan banyak uang.

7. Tentukan Prioritas Keuangan Anda

Setelah melakukan manajemen pengeluaran dan pendapatan Anda, selanjutnya Anda akan dibawa ke dalam prioritas untuk mengalokasikan tabungan Anda seperti menentukan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang, hal ini bertujuan untuk memberi Anda gambaran yang jelas tentang cara mengalokasikan tabungan Anda.

8. Perhatikan Pertumbuhan Tabungan Anda 

Tinjau anggaran dan periksa kemajuan tabungan setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki jika terjadi masalah dengan cepat. Misalnya, dengan kondisi dimana Anda kehilangan uang dengan nominal yang sangat banyak pada tabungan Anda.

9. Pilih Rekening Tabungan dan Investasi yang Tepat

Ada banyak rekening tabungan dan investasi yang cocok untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda, dalam tahap ini Anda tidak harus memilih hanya satu.

Perhatikan baik-baik semua opsi dan pertimbangkan saldo minimum, biaya, suku bunga, risiko, dan seberapa cepat akan membutuhkan uang sehingga Anda mempunyai sumber dana dari beberapa opsi untuk mencapai tujuan Anda.

10. Cari Pekerjaan Sampingan atau Tambahan Penghasilan

Untuk poin ini hanyalah opsi bagi Anda yang memiliki waktu luang di luar waktu pekerjaan, dengan mencari uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pekerjaan sampingan atau berdagang. Namun, perlu diingat juga bahwa Anda tetap perlu memperhatikan kondisi kesehatan, karena kesehatan itu menjadi yang utama agar rencana yang telah dibuat berjalan dengan semestinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah pekerjaan pembelian rumah tips investasi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top