Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moduit jadi Mitra Distribusi Sukuk Ritel SR017, Harapkan Imbal Hasil Lebih Tinggi

Moduit melihat sukuk ritel SR017 menarik di mata investor, utamanya investor besutan pemerintah dengan jangka waktu di bawah 10 tahun.
Sukuk ritel/Instagram @djpprkemenkeu
Sukuk ritel/Instagram @djpprkemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial wealth management (wealth-tech) PT Moduit Digital Indonesia (Moduit) melihat potensi sukuk ritel seri SR017 terbaru besutan pemerintah bakal laris, karena sesuai dengan kondisi terkini di mana likuiditas dana masyarakat cukup tinggi.

Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit Manuel Adhy Purwanto menjelaskan sukuk ritel bertenor 3 tahun yang akan ditawarkan hingga 14 September 2022 ini menarik di mata investor, terutama yang membutuhkan instrumen investasi besutan pemerintah dengan jangka waktu di bawah 10 tahun.

Pasalnya, tingkat suku bunga simpanan atau deposito masih rendah, membuat masyarakat mencari alternatif investasi lain yang dapat memberikan imbal hasil di atas inflasi, supaya nilai uang tidak terus menurun.

"Acuan dari SBR011 yang diterbitkan pemerintah sebelumnya, di mana memiliki tingkat kupon 5,5 persen, sementara suku bunga deposito rata-rata di angka 2 persen sampai 3 persen. Jadi kami harap imbal hasil SR017 akan lebih tinggi lagi," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2022).

Selain itu, Manuel menjelaskan Sukuk Ritel seri SR017 termasuk surat utang yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable). Hal ini memungkinkan investor untuk menjual sebelum jatuh tempo kapan pun mereka membutuhkan dana, asalkan setelah masa periode holding berakhir.

Mekanisme ini pun memungkinkan pemegang sukuk ritel  memperoleh capital gain dari selisih kenaikan harga saat beli dengan harga saat jual. Beda dengan dengan SBR011, yang tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga harus disimpan hingga jatuh tempo.

Di samping perolehan imbal hasil yang akan dibayar negara setiap bulan dengan imbal hasil tetap, berinvestasi pada Sukuk Ritel memiliki keutamaan lain, yakni mengusung prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir atau judi, gharar atau ketidakjelasan, dan riba, serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh DSN-MUI.

"Adapun, tujuan penerbitan Sukuk Ritel, yaitu pembiayaan APBN dan pembiayaan pembangunan terutama di sektor infrastruktur. Karena itu membeli SR017 berarti turut membantu pembangunan negara, sekaligus menghasilkan keuntungan yang halal, sesuai syariah," tambahnya.

Di samping keunggulan tadi, Manuel menyampaikan Sukuk Ritel SR017 sangat mudah diakses dan dengan investasi minimum yang terjangkau, minimal Rp1 juta. Moduit sendiri merupakan mitra distribusi (midis) SR017.

"Sebagai salah satu mitra distribusi pemerintah untuk SR017, Moduit hadir dan siap membantu masyarakat yang berminat memiliki SR017 sebagai alternatif investasi yang sudah dijamin aman oleh pemerintah, terjangkau dan menguntungkan, sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam membangun negeri," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper