Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obligasi Bank Mandiri (BMRI) Kantongi Peringkat Stable Outlook dari Pefindo

Ini alasan Pefindo menyematkan peringkat stable outlook atau idAAA untuk obligasi Bank Mandiri (BMRI).
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) baru saja menerima peringkat tertinggi idAAA atau stable outlook untuk obligasi dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Direktur Utama Pefindo Irmawati menjelaskan bahwa peringkat tersebut diberikan atas kemampuan Bank Mandiri dalam memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya.

"Efek utang dengan peringkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh PEFINDO. Kemampuan emiten untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan emiten Indonesia lainnya adalah superior,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang dibagikan dalam keterbukaan informasi, Selasa (14/2/2023).

Lebih rinci, peringkat tersebut dibrikan terhadap Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Seri B dan Seri C Tahun 2016, Tahap II Seri B dan Seri C Tahun 2017, Tahap III Tahun 2018 dan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Seri A dan Seri B Tahun 2020 Bank Mandiri senilai Rp11,9 triliun untuk periode 9 Februari 2023 sampai dengan 1 Februari 2024. 

Peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari Perusahaan serta Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2022.

Di samping itu, Pefindo juga diketahui menyematkan peringkat idAA terhadap surat utang jangka menengah atau Medium Term Notes Subordinasi I Tahun 2018 BMRI senilai Rp500 miliar untuk periode 9 Februari 2023 sampai dengan 31 Juli 2023.

“Efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan emiten lainnya di Indonesia, adalah sangat kuat,” jelas Irma.

Selanjutnya, Pefindo juga memberikan peringkat stable outlook kepada Bank Mandiri sebagai obligor yang memenuhi komitmen keuangan jangka panjang tersebut.

"Terhadap PT Bank Mandiri [Persero] Tbk. untuk periode 9 Februari 2023 sampai dengan 1 Februari 2024. Peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari Perusahaan serta Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2022," tambah manajemen Pefindo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper