Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Finansial: Informasi Klaim Bumiputera dan Laba ADMF hingga BFIN Tumbuh Dua Digit

Berita soal informasi pembayaran klaim AJB Bumiputera dan laba multifinance ADMF hingga BFIN menjadi berita terpopuler Kanal Finansial Bisnis.com.
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Asuransi Jiwa Bumiputera, di Jakarta, Selasa (7/11/2017)./JIBI-Endang Muchtar
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Asuransi Jiwa Bumiputera, di Jakarta, Selasa (7/11/2017)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Berita mengenai AJB Bumiputera 1912 paling banyak dibaca di Kanal Finansial Bisnis.com.

Bumiputera akan segera menyampaikan informasi kepada pemegang polis mengenai penyelesaian klaim tertunda melalui task force pada akhir Februari 2023.

Selain itu, berita soal raihan laba multifinance yang mencatatkan pertumbuhan dua digit.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com:

1. Di Hari Ulang Tahun AJB Bumiputera 1912, Dirut: Informasi Pembayaran Klaim Akhir Februari

Usai mendapatkan lampu hijau dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) perusahaan, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 menyebutkan akan segera menyampaikan informasi kepada pemegang polis mengenai penyelesaian klaim tertunda melalui task force pada akhir Februari 2023.

Direktur Utama AJB Bumiputera 1912 Irvandi Gustari mengatakan Bumiputera merupakan perusahaan berbentuk mutual atau usaha bersama.

Dalam Anggaran Dasar Bumiputera pasal 38 ayat 4 disebutkan sebagai usaha bersama, maka keuntungan dan kerugian ditanggung bersama dalam hal ini oleh seluruh anggota atau pemegang polis AJB Bumiputera.

2. ADMF hingga BFIN Raup Laba Dua Digit Sepanjang 2022

Sejumlah perusahaan pembiayaan menutup 2022 dengan pertumbuhan laba dua digit. Adapun tahun lalu menjadi titik balik sejumlah perusahaan multifinance setelah dihantam pandemi Covid-19.

Hal ini terlihat dari data-data yang dirangkum oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengutip data OJK yang dipublikasikanpada Senin (30/1/2023), terdapat 153 unit perusahaan pembiayaan dengan total aset mencapai Rp487,91 triliun pada Desember 2022.

Selain itu, liabilitas dan ekuitas perusahaan masing-masing bernilai Rp339,33 triliun dan Rp148,58 triliun.

3. Laba BTPS dan BRIS Melesat, Siapa Bank Syariah Paling Profit?

Bank syariah ikut tersenyum sepanjang 2022. Pertumbuhan laba dua bank yang telah mempublikasikan laporan kinerja melesat hingga dua digit.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) sepanjang 2022 mencatatkan laba Rp4,3 triliun atau tumbuh 42,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan perolehan laba pada 2021 yang mencapai Rp3,02 triliun.

Raihan positif tersebut juga dicatatkan oleh PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS) yang diketahui mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,76 triliun pada 2022.

4. Intip Porsi Debitur Korporasi BSI (BRIS) hingga Bank Mandiri (BMRI)

Debitur korporasi telah menjadi pendorong capaian kredit perbankan pada 2022. Di sejumlah bank seperti PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS) hingga PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), porsinya pun terus bertumbuh.

Berdasarkan laporan Analisis Uang Beredar Bank Indonesia (BI), penyaluran kredit perbankan per Desember 2022 mencapai Rp6.387 triliun, sementara golongan debitur korporasi itu menyumbang kredit Rp3.265,2 triliun.

Penyaluran kredit pada golongan debitur korporasi ini tumbuh sebesar 14,54 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

5. Perjalanan Panjang Upaya Penyehatan AJB Bumiputera Usai Defisit Hingga RPK Disetujui OJK

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 telah bermasalah sejak lama. Perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu mengalami defisit Rp2,9 triliun per 31 Desember 1997.

Rangkaian upaya penyehatan perusahaan pun telah dilakukan sejak lama, semenjak defisit. Namun belum menemukan titik terang dalam masalah yang dihadapi. Bisnis rangkum upaya penyehatan Bumiputera dari tahun ke tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper