Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pergerakan Harga Saham Bank Nobu (NOBU) dan Bank MNC (BABP) di Tengah Bergulirnya Rencana Merger

Harga saham Bank Nobu dan MNC Bank mengalami penurunan setelah kejelasan kabar merger kembali menyeruak.
Logo PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) dan PT Bank National Nobu Tbk. (NOBU).
Logo PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) dan PT Bank National Nobu Tbk. (NOBU).

Bisnis.com, JAKARTA -- Kabar merger bank milik dua konglomerat yakni PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU) atau Bank Nobu milik crazy rich James Riady serta PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) milik salah satu orang terkaya Indonesia, Hary Tanoesoedibjo kembali menyeruak. Bagaimana pergerakan harga saham kedua bank?

Berdasarkan data RTI Business, harga saham NOBU turun 2,05% pada perdagangan akhir pekan, Jumat (17/5/2024) dan ditutup di level Rp715. Harga saham NOBU juga jeblok 4,67% dalam sepekan. Sementara, sepanjang tahun berjalan (year to date/ytd) harga saham NOBU turun 3,38%.

Adapun, harga saham BABP juga turun 1,92% pada perdagangan akhir pekan ke level Rp51 per lembar. Namun, harga saham BABP naik 2% dalam sepekan. Meskipun, BABP mencatatkan tetap penurunan harga saham 15% ytd.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta mengatakan kinerja harga saham kedua emiten perbankan ini memang terpengaruh oleh sentimen rencana aksi korporasi. Namun, tetap saja kinerjanya tidak likuid.

"Isu merger telah lama berhembus, ini yang masih menyebabkan pergerakan kedua harga saham kurang likuid," ujarnya kepada Bisnis pada Jumat (17/5/2024).

Kabar aksi merger kedua bank memang sedang menyeruak akhir-akhir ini. Terbaru, Lippo Group dan MNC Group yang merupakan induk kedua bank terpantau melakukan transaksi 'tukar guling' saham di Bank Nobu serta Bank MNC.

Pada 7 Mei 2024, MNC Land Tbk. (KPIG) memegang saham Bank MNC sebesar 16,82% atau sebanyak 7,48 miliar saham BABP.

Sehari setelahnya, porsi saham tersebut susut ke 6,82% dengan masuknya PT Prima Cakrawala Sentosa, dengan kepemilikan saham sebesar 10,00% atau sebesar 4,445 miliar saham BABP. Transaksi ini difasilitasi oleh PT MNC Sekuritas.

Sebagai informasi, Prima Cakrawala Sentosa merupakan entitas usaha milik Grup Lippo. Sebelumnya, perusahaan ini telah mengenggam saham Bank Nobu sebesar 20,66% dan tercatat sebagai salah satu pemegang saham bukan PSP tidak melalui pasar modal dengan kepemilikan lebih dari 5%.

Lalu, di Bank Nobu juga tercatat transaksi masuknya MNC Land menjadi pemegang saham dengan porsi 10% atau mengenggam sebanyak 747,84 juta saham NOBU.

Di sisi lain, Prima Cakrawala Sentosa mengurangi porsi saham dari 20,66% menjadi 10,66%. Per 8 Mei 2024, kepemilikan saham Prima Cakrawala Sentosa menjadi 797,55 juta dari 1,545 juta saham. Transaksi tersebut difasilitasi oleh PT Ciptadana Sekuritas Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper