Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok Libur Nyepi, Bagaimana Operasional BCA, BNI, dan Bank Mandiri?

BCA mengantisipasi kebutuhan perbankan melalui berbagai kanal digital, sedangkan Bank Mandiri mengoperasikan secara terbatas beberapa unit money changer.
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) di Jakarta, Kamis (5/1/2023). /Bisnis-Fanny Kusumawardhani
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) di Jakarta, Kamis (5/1/2023). /Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 pada Rabu (22/3/2023) menjadi hari libur nasional. Pemerintah juga telah menetapkan hari Kamis (23/3/2023) sebagai hari cuti bersama.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Hera F. Haryn mengatakan selama periode libur nyepi dan cuti bersama itu, BCA akan mengantisipasi kebutuhan perbankan nasabahnya melalui berbagai kanal digital yang dimiliki.

"Sementara, untuk kantor cabang BCA akan beroperasi normal kembali pada Jumat (24/3/2023), mengikuti kebijakan regulator," katanya kepada Bisnis pada Selasa (21/3/2023).

Ia mengatakan BCA senantiasa mendukung nasabah untuk bertransaksi menggunakan layanan digital seperti BCA mobile, myBCA, dan KlikBCA. Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi tarik dan setor tunai, dapat menggunakan ATM setor-tarik BCA yang beroperasi 24 jam.

BCA juga memiliki fitur cardless di BCA mobile dan myBCA yang memungkinkan nasabah dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM tanpa kartu ATM.

Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Rudi As Aturridha mengatakan pada hari libur nyepi dan cuti bersama itu, Bank Mandiri tidak beroperasi secara nasional. "Namun demikian, Bank Mandiri tetap mengoperasikan secara terbatas beberapa unit money changer, serta cabang tertentu untuk menerima setoran pembayaran delivery order SPBU Pertamina serta layanan antar jemput uang," katanya.

Kemudian, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) memberlakukan kegiatan operasional terbatas dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya saat libur nyepi dan cuti bersama tersebut.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan operasional terbatas itu untuk memfasilitasi penerimaan setoran BBM PT Pertamina, karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

"Kegiatan operasional terbatas ini akan dilaksanakan di 20 kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas dengan jam layanan kantor dari pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat," ujar Okki.

Di samping 20 kantor cabang, untuk kebutuhan transaksi nasabah baik penarikan tunai, setoran tunai, transfer maupun pembayaran bill payment, pembukaan rekening, penggantian kartu ATM dan lainnya dapat dilayani selama 24 jam melalui layanan digital. Sementara, layanan digital yang disediakan BNI yakni Mobile Banking, Internet Banking, ATM, CRM, Agen46, hingga DigiCS.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi dan berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan operasional terbatas ini dengan baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper