Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi Pro Car International Finance, Moladin Rambah Bisnis Pembiayaan Usai PHK

Moladin Finance hadir setelah situs jual beli mobil bekas, Moladin Group melakukan PHK karyawan dalam jumlah besar.
Ilustrasi leasing kendaraan bermotor/www.raceworld.tv
Ilustrasi leasing kendaraan bermotor/www.raceworld.tv

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi keuangan dan situs jual beli mobil, Moladin Group memperluas bisnisnya dengan merambah bisnis pembiayaan. Moladin yang didirikan oleh Jovin Hoon dan Mario Tanamas itu telah mengakuisisi  PT Pro Car International Finance dan mengubahnya menjadi PT Moladin Finance Indonesia (Mofi).

Head of Lending Business Moladin Mulyadi Tjung mengatakan dengan bekal 6.000 dealer dan 150.000 agen yang bergabung dengan Moladin, bisnis pembiayaan mobil bekas menjadi celah yang dapat dioptimalkan perusahaan.

“Dengan adanya Moladin Finance Indonesia harapanya kami bisa melengkapi eksosistem. Ekosistem used car [mobil bekas] tidak lepas dari kebutuhan untuk pembiayaan dealer itu sendiri,” kata Mulyadi Media Gathering di Jakarta, Rabu (21/6/2023). 

Tidak hanya itu, Mulyadi menambahkan pihaknya juga berharap mampu memenuhi kebutuhan customer atas pembiayaan mobil bekas. MOFI juga menawarkan  pembiayaan produktif lain seperti halnya modal kerja, kredit invetasi, hingga multiguna. 

Dia menerangkan bahwa untuk modal kerja perusahaan menyediakan pinjaman dengan plafon Rp500 juta. Sementara kredit Invetasi yakni mencapai Rp1 miliar.

Mulyadi belum ingin menyebutkan target angka pembiayaan baru tahun ini. Namun yang pasti pihaknya ingin memenuhi kebutuhan customer baik kredit produktif maupun konsumtif. 

Sebagai pemain baru, pihaknya pun berharap mampu membangun pondasi, branding, serta reputasi yang baik. Dengan demikian, mampu bersaing dengan perusahaan pembiayaan lainnya. “Mofi ini adalah perusahaan baru jadi kita masih belum bisa disamakan dengan orang-orang yang sudah dewasa. Kami masih membangun reputasi membangun nama,” terangnya. 

Karena masih membangun reputasi tadi, Mulyadi menjelaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan cost of fund yang terbaik. Mofi sementara masih bergantung pada ekuitas dan perbankan nasional maupun multinasional. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK sebelumnya memberikan pemberlakuan izin usaha di bidang perusahaan pembiayaan sehubungan perubahan nama PT Pro Car International Finance menjadi PT Moladin Finance Indonesia. 

Hal tersebut berdasarkan pengumuman yang dimuat di laman resmi OJK pada Senin (22/5/2023), pemberlakuan izin usaha tersebut mulai berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Anggota Dewan Komisioner atas perusahaan tersebut.

Kepala Departemen Perizinan, Pemeriksaan Khusus dan Pengendalian Kualitas IKNB OJK Asep Iskandar menyampaikan pemberlakuan izin usaha kepada PT Moladin Finance Indonesia itu tertuang melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: KEP-192/NB.02/2023 tanggal 10 Mei 2023 dan ditetapkan pada 22 Mei 2023.

“Dengan diberikannya pemberlakuan izin usaha perusahaan, PT Moladin Finance Indonesia diwajibkan agar dalam menjalankan kegiatan usaha selalu menerapkan praktik usaha yang sehat dan senantiasa mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku,” jelasnya.

Kantor pusat dari PT Moladin Finance Indonesia sendiri berlokasi di Menara Sentraya Lantai 15 Unit B1, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper