Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses dan Mandiri Secara Finansial

Mandiri secara finansial adalah impian banyak orang. Ini membuat kehidupan lebih nyaman dan sehat baik secara fisik maupun mental. 
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum menginginkan kondisi mandiri secara finansial, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud kondisi itu.

Mandiri secara finansial tidak hanya mendapatkan pendapatan secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Dilansir dari Forbes, Senin (17/7/2023), menurut Annette Harris, pemilik Harris Financial Coaching di Florida, mandiri secara finansial juga berarti telah menghilangkan hutang, memiliki cadangan keuangan yang dapat menopang Anda untuk waktu yang lama, dan telah mengurangi tingkat stres saat mengelola keuangan.

Mandiri secara finansial adalah impian banyak orang. Hal ini disebabkan kondisi tersebut bisa membuat kehidupan lebih nyaman dan sehat baik secara fisik maupun mental. 

“Kemandirian finansial berarti memiliki stabilitas keuangan dan sumber daya yang cukup untuk mendukung gaya hidup yang diinginkan dan memenuhi tujuan keuangan tanpa bergantung pada orang lain untuk bantuan keuangan,” kata Adam Garcia, CEO The Stock Dork di Orlando, Florida. 

Mandiri secara finansial termasuk mampu menutupi pengeluaran penting seperti perumahan, makanan, perawatan kesehatan, dan pendidikan,  serta pengeluaran diskresioner dan perencanaan keuangan masa depan.

Orang mencapai kemandirian finansial dengan menghasilkan pendapatan melalui investasi, tabungan, atau kewirausahaan yang membantu mereka mempertahankan standar hidup yang diinginkan dan mencapai keamanan finansial jangka panjang. 

Berada di kondisi mandiri secara finansial diperlukan kemampuan mengatur keuangan. Ini membutuhkan manajemen dan kendali yang bertanggung jawab atas keuangan, membuat keputusan berdasarkan informasi tentang pengeluaran, tabungan, dan investasi. 

Berada di kondisi mandiri secara finansial menguntungkan diri Anda dalam berbagai faktor. Keuntungan terbesar yang ditawarkan adalah dapat mengontrol hal-hal yang paling penting dalam hidup. Anda juga tidak terikat pada siapa pun karena sudah menjadi penguasa domain sendiri.

Namun, kondisi ini cukup sulit untuk dicapai. Studi oleh Paychex menunjukkan bahwa 55 persen pensiunan kembali bekerja karena mereka membutuhkan lebih banyak uang. Sulit untuk menjadi mandiri secara finansial ketika Anda membutuhkan gaji dari orang lain.

“Jika mengandalkan sumber pendapatan dari luar, seperti gaji dari pekerjaan atau bantuan pemerintah, Anda tidak benar-benar mandiri secara finansial karena bergantung pada sumber tersebut,” kata Eliza Arnold, Salah Satu Pendiri & CEO Arnie di San Francisco.

Padahal, mungkin ukuran kemandirian finansial yang paling praktis adalah hubungan dengan pekerjaan. James Allen, pendiri Billpin di Los Angeles, mengatakan bahwa pendapatan pasif atau uang yang masuk tanpa harus aktif bekerja memainkan peran dalam kemandirian finansial.

Ada dua cara untuk mandiri secara finansial. Pertama, menabung untuk membangun aset, salah satunya membangun properti sewaan. Kedua, mempertinggi nilai diri dengan memanfaatkan bakat yang dimiliki, mengikuti pelatihan, atau belajar kemampuan baru. Nilai diri yang tinggi bisa membuat Anda mendapatkan lebih banyak pendapatan dan tawaran pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper