Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses dan Mandiri Secara Finansial

Mandiri secara finansial adalah impian banyak orang. Ini membuat kehidupan lebih nyaman dan sehat baik secara fisik maupun mental. 
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com

Berikut adalah cara meraih kemandirian finansial dilansir dari Bank of America:

1. Memiliki rekening bank

Memiliki rekening tabungan pribadi dapat membantu mengelola pengeluaran Anda. Dengan menyiapkan pembayaran otomatis untuk tagihan berulang dan peringatan akun, Anda dapat membantu melindungi dari tunggakan dan penipuan.

2. Membuat anggaran

Anggaran sangat diperlukan saat memetakan kebutuhan dan keinginan jangka pendek dan jangka panjang. Semakin baik membuat anggaran  dan mengikutinya, Anda akan mulai merasa tentang keputusan keuangan lainnya. Salah satu metode tradisional adalah aturan 50/30/20 untuk pendapatan setelah pajak.

Dilansir dari Investopedia, metode tersebut dikemukakan oleh Senator AS Elizabeth Warren dalam bukunya, All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Aturannya adalah membagi pendapatan setelah pajak Anda menjadi tiga kategori pengeluaran: 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan.

Kebutuhan meliputi tagihan yang harus Anda bayar dan merupakan hal yang diperlukan untuk bertahan hidup, seperti makanan, asuransi, dan keperluan hidup. Kemudian, keinginan adalah semua hal yang Anda habiskan dengan uang yang tidak mutlak penting.

Anggaran adalah dokumen hidup yang akan berkembang seiring waktu saat mendapatkan kenaikan gaji, pekerjaan baru, menikah, atau mengalami sejumlah perubahan hidup.

3. Buat rencana pelunasan pinjaman

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui opsi pembayaran  dan  konsolidasi yang dapat mengurangi pembayaran Anda. Anda mungkin dapat melunasi pinjaman dalam jangka waktu yang lebih lama atau mungkin memenuhi syarat untuk rencana pembayaran berbasis pendapatan. Kedua itu dapat menurunkan pembayaran bulanan.

4. Mencari tahu asuransi

Anda bisa mendaftarkan asuransi, seperti asuransi kesehatan dan jiwa, untuk diri dan keluarga. Asuransi berguna mengantisipasi risiko-risiko yang ada. Sebelum membuat pilihan, pastikan Anda memahami apa yang akan menjadi premi bulanan dan apa yang dicakup oleh skema tersebut, sehingga dapat memperkirakan biaya tambahan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper