Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Nobu (NOBU) Gandeng MD Co Guna Pacu UMKM Naik Kelas

Bank Nobu berfokus pada pengembangan UMKM, dengan cara menyediakan permodalan dan juga pembinaan.
Nasabah mengunjungi salah satu cabang Bank Nobu. /Lippomallkemang.com
Nasabah mengunjungi salah satu cabang Bank Nobu. /Lippomallkemang.com

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU) terus memacu geliatnya dalam layanan one stop solution di segmen UMKM.  Kali ini, pihaknya bekerja sama dengan MD Co guna merealisasikan program pemberdayaan 10.000 UMKM Ekonomi Kreatif khususnya ‘Femalepreneur’ di Indonesia.

Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan menyebut sebagai bank yang berfokus pada pengembangan UMKM, pihaknya menyebut tidak hanya melalui penyediaan permodalan, tetapi uga pembinaan dan pemberdayaan melalui penyediaan berbagai layanan transaksi perbankan digital seperti layanan mobile banking NobuNeo, layanan Merchant QRIS (QR Code Indonesian Standard), dan kerja sama keagenan melalui NobuBank88 (branchless banking). 

"Kami merasa sangat terhormat mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan MD Co dan Merry Riana dalam mengidentifikasi, mengembangkan, membina dan membuka akses keuangan bagi UMKM Ekonomi Kreatif khususnya para femalepreneurs”, katanya di acara InspiraFest 2023 yang berlangsung di Mall @Alam Sutera, Tangerang Sabtu (12/8/2023). 

Pihaknya menyebut dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, keduanya menyepakati kerja sama yang mencakup tiga hal utama. 

Pertama, pembinaan dan pemberdayaan UMKM Ekonomi Kreatif khususnya femalepreneur dengan memberikan peluang bisnis baru dan membuka akses kemitraan di sektor-sektor tertentu seperti bengkel, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Food & Beverages (F&B), layanan laku pandai, dan lain-lain.

Kedua, dukungan akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan perbankan dari Nobu Bank untuk pengembangan usaha.

Ketiga, coaching & community yaitu program pelatihan bisnis bagi pelaku usaha UMKM secara terpadu dan kemudahan dalam melakukan kegiatan bisnis antar pelaku UMKM (cross sellingdalam lingkup komunitas yang dibentuk dan dibina oleh MD Co. 

Hal senada juga disampaikan Managing Principal MD Co Merry Riana yang menyebut langkah kerja sama yang telah diresmikan hari ini dapat memberi kontribusi nyata bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM terutama femalepreneur di Indonesia.

“Semua ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM Ekonomi Kreatif, khususnya Femalepreneur, bukan hanya untuk belajar dari  para narasumber, tapi juga mendapatkan dukungan nyata dalam bentuk pendanaan," katanya, 

MD Co sendiri adalah sebuah Venture Builder yang fokus pada pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didirikan oleh Merry Riana dan David Tjokrorahardjo untuk mempertemukan para entrepreneur muda dan pelaku UMKM di Indonesia dengan berbagai tokoh pembicara dari berbagai latar belakang mulai dari public figure hingga entrepreneur dari berbagai sektor industri. 

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di InspiraFest 2023 ini juga ada penganugrahan Merry Riana Entrepreneur of the Year Award. Lebih dari 10.000 UMKM mendaftar untuk total 20 kategori, seperti misalnya 

Femalepreneur, Mompreneur, F&B, Creative, Positive Impact, dan lainnya. Total hadiah uang tunai Rp400 juta akan dibagikan kepada 20 pemenang, 1 pemenang untuk setiap kategori,"  katanya. 

Tak hanya itu, adapula hadiah uang tunai Rp100 juta yang akan dibagikan setelah pelaku UMKM mendapatkan pelatihan dalam program MD Accelerator. Program MD Accelerator ini terbuka untuk semua pelaku UMKM, 

"Jadi bukan hanya untuk pemenang Merry Riana Entrepreneur of the Year Award saja.” tutup Merry Riana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper