Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat, Cara Pinjam Uang di DANA, Kelebihan, dan Risikonya

Ada banyak orang yang belum mengetahui cara pinjam uang ke dana, kelebihan serta risikonya. Berikut penjelasan lengkapnya.
Cara Pinjam Uang di DANA/Bisnis-Muh Rizky Nurawan.
Cara Pinjam Uang di DANA/Bisnis-Muh Rizky Nurawan.

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi dompet digital, DANA, memperluas layanan dari penyimpanan uang dan pembayaran saja, ke peminjaman uang. Adapun, proses peminjaman tersebut menurut perusahaan bisa dilakukan dengan sangat mudah, tanpa memakan waktu lama. Untuk itu kamu harus mengetahui cara pinjam uang di DANA. Hal ini membantu para pengguna yang sedang membutuhkan dana cepat untuk suatu keperluan. 

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai cara pinjam uang di DANA yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Syarat pinjam uang di DANA

  • Memiliki akun DANA yang aktif 

Tanpa adanya aplikasi ini, kamu tidak akan bisa melanjutkan proses peminjaman. Pastikan juga akun DANA yang kamu gunakan merupakan akun aktif dan sudah terverifikasi supaya bisa mengajukan proses peminjaman uang pada aplikasi DANA.

  • Penghasilan minimal 

Calon peminjam juga harus memiliki penghasilan minimal yang sudah ditentukan oleh DANA supaya bisa mengajukan pinjaman uang. Namun jumlah penghasilan minimal yang dibutuhkan ini akan berbeda-beda untuk masing-masing akun berdasarkan kebijakan DANA.

  • Usia minimal 

Aplikasi dana juga telah menentukan persyaratan hanya untuk pengguna yang sudah memiliki usia minimal 21 tahun. Jadi jika kamu baru berusia di bawah 21 tahun sebaiknya lupakan untuk bisa meminjam uang secara online.

  • Memiliki KTP dan NPWP 

Tentunya untuk melengkapi persyaratan ini sangat mudah, apalagi jika kamu sebagai warga Indonesia dengan usia 21 yang sedang bekerja pasti memiliki KTP dan NPWP.

2. Cara pinjam uang di DANA

  • Masuk ke aplikasi DANA

Pastikan kamu sudah download aplikasi DANA di smartphone dan sudah melakukan registrasi atau login dengan akun DANA yang terverifikasi.

  • Pilih menu pinjaman DANARupiah

Setelah masuk ke aplikasi DANA, pilih menu “Pinjaman” pada halaman utama.

  • Isi formulir pengajuan

Setelah memilih menu pinjaman, kamu akan dibawa ke halaman formulir pengajuan pinjaman. Isi semua informasi yang dibutuhkan dengan benar dan lengkap, seperti jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran.

  • Verifikasi data

Pastikan bahwa semua data yang telah diisi sudah benar dan lengkap. Jika sudah, klik tombol “Ajukan Pinjaman” untuk melanjutkan proses pengajuan.

  • Tunggu persetujuan dari pihak DANA

Setelah mengajukan pinjaman, kamu harus menunggu proses persetujuan dari pihak DANA. Proses persetujuan biasanya memakan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari tergantung pada jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran yang kamu pilih sebelumnya.

  • Terima DANA tunai 

Jika pengajuan pinjaman disetujui oleh pihak DANA, dana tunai akan langsung ditransfer ke akun kamu dan siap digunakan.

3. Risiko meminjam uang di DANA

  • Risiko gagal bayar

Jika kamu tidak bisa membayar pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, maka kamu akan terkena denda dan biaya tambahan setiap harinya.

  • Risiko ketergantungan

kamu juga harus mempertimbangkan risiko ketergantungan terhadap pinjaman uang secara online, karena hal ini bisa saja membuat kamu bergantung pada pinjaman uang dan ketidakmampuan dalam mengendalikan keuangan yang baik.

  • Risiko penipuan 

Karena pinjaman uang ini bisa dilakukan secara online, maka sangat besar risiko penipuan yang harus kamu waspadai. Oleh karena itulah, pastikan untuk mempelajari semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku sebelum mengajukan pinjaman uang pada aplikasi DANA.

4. Kelebihan pinjam uang di DANA

  • Proses pengajuan yang mudah dan cepat

Dalam proses pengajuan pinjaman uang di DANA, kamu gak perlu menjalankan proses yang rumit dan memakan waktu yang lama seperti meminjam uang di bank.

  • Jangka waktu pembayaran fleksibel

Selain itu kamu juga bisa memilih jangka waktu pengembalian pinjaman sesuai dengan kemampuan pembayaran, tentunya ini bisa disesuaikan dengan penghasilan kamu setiap bulan.

  • Bunga dan biaya yang terjangkau 

Aplikasi DANA memberikan semua pengguna aplikasi meminjam uang dengan suku bunga rendah dan pembayaran yang terjangkau, sehingga kamu gak perlu khawatir dengan pembayaran perbulannya.

  • Keamanan aplikasi dompet digital terpercaya

DANA adalah aplikasi dompet digital terpercaya yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Hal ini bisa membuat para peminjam merasa lebih percaya dan aman dalam mengajukan pinjaman uang.

Itulah beberapa cara pinjam uang di DANA, kelebihan, dan risikonya yang masih belum banyak orang ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper