Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembayaran Klaim AJB Bumiputera 1912, Sudah 47.000 Pemegang Polis Terbayar

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 telah membayar klaim 47.000 pemegang polis dari 86.000 target ketersediaan dana.
Kantor Asuransi Bumiputera di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Kantor Asuransi Bumiputera di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Manajemen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 menyebut sudah membayar klaim 47.000 pemegang polisi dari 86.000 target yang dicanangkan dari penggunaan dana cadangan. Artinya, capaian ini setara 54,65% target yang dibuat oleh manajemen. 

Sekretaris Task Force AJB Bumiputera 1912 Auditomo Mawarto mengatakan seiring masih tersedianya ruang klaim bagi pemegang polis, pihaknya terus melakukan validasi data untuk melakukan pembayaran kepada pemegang polis.

“Pembayaran klaim setelah PNM [Penurunan Nilai Manfaat] masih tetap berjalan setiap minggunya, disesuaikan dengan validasi yang kami lakukan terhadap kelengkapan data pembayaran kepada pemegang polis,” kata Auditomo kepada Bisnis, Selasa (28/11/2023).

Dari data yang masuk, Audi menyampaikan AJB Bumiputera 1912 telah membayarkan klaim kepada sekitar 47.000 pemegang polis. Jumlah ini masih akan terus bertambah seiring ketersediaan dana. 

“Total nominal klaimnya saya sedang tidak available datanya. Seingat saya target pembayaran untuk keseluruhan dana jaminan kepada 86.000-an pemegang polis Asper,” ujarnya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan AJB Bumiputera 1912 kembali mengajukan permohonan pencairan kelebihan dana jaminan senilai Rp262,32 miliar pada 11 September 2023.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono menjelaskan bahwa kelebihan dana jaminan ini berdasarkan nilai nominal dan berpotensi lebih besar atau kecil sesuai harga wajar pada saat transaksi.

“Permohonan [pencairan kelebihan dana jaminan] tersebut telah disetujui OJK dan seluruhnya harus digunakan untuk pembayaran klaim kepada pemegang polis,” kata Ogi dalam jawaban tertulis konferensi pers Rapat Dewan Komisioner Bulanan (RDKB) Oktober 2023, Rabu (1/11/2023).

Ogi merincikan dari nilai pencairan kelebihan dana jaminan senilai Rp262,32 miliar tersebut rencananya akan dibayarkan kepada lebih dari 42.712 pemegang polis asuransi perorangan dengan nilai sebesar Rp181,3 miliar.

“Dan sebanyak 450 pemegang polis asuransi Kumpulan dengan nilai sebesar Rp81,01 miliar,” imbuhnya.

Ogi menyampaikan pembayaran klaim untuk asuransi perorangan akan dilakukan untuk pemegang polis dengan nominal sampai dengan Rp5 juta dan Rp5—Rp10 juta yang sebelumnya telah memberikan tanggapan atas kebijakan Penurunan Nilai Manfaat (PNM).

“Realisasi pembayaran klaim yang bersumber dari kelebihan dana jaminan ini saat ini menunggu realisasi penjualan atau pelepasan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper