Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volatilitas Global Masih Tinggi, BI Rate Diprediksi Tetap pada Level 6%

Tingkat suku bunga acuan atau BI-Rate diperkirakan masih akan tetap di 6% mempertimbangkan belum surutnya volatilitas global.
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Supri
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Supri

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau BI rate sebesar 6% untuk keempat kalinya pada Februari 2024.

Chief of Economist Bank Syariah Indonesia (BSI) Banjaran Surya mengatakan tingkat suku bunga acuan atau BI-Rate diperkirakan masih akan tetap di 6% mempertimbangkan belum surutnya volatilitas global.

“Diperkirakan [BI Rate] masih stay. BI masih wait and see di tengah volatilitas yang masih persistence,” katanya kepada Bisnis, Senin (19/2/2024).

Di sisi eksternal, dalam pemberitaan Bisnis sebelumnya, suku bunga acuan di Amerika Serikat (AS) diperkirakan baru akan dipangkas pada semester pertama 2024.

Tercatat, inflasi tahunan AS pada Januari 2024 sebesar 3,1%, melandai dari bulan sebelumnya 3,4%. Namun demikian, tingkat inflasi pada Januari 2024 itu masih lebih tinggi dari proyeksi 2,9%.

Secara bulanan, inflasi AS tercatat sebesar 0,3%, juga lebih tinggi dari proyeksi 0,2% dan merupakan level tertinggi dalam 4 bulan terakhir. 

Nilai tukar rupiah pada Senin (19/2/2024) tercatat melemah 0,05% atau 7 poin ke level Rp15.631 per dolar AS, yang dipengaruhi oleh sentimen suku bunga di AS.

Sementara itu, laju inflasi di dalam negeri pada Januari 2024 tercatat sebesar 2,57% secara tahunan, lebih rendah dari Desember 2023 sebesar 2,61%.

Inflasi inti pada Januari 2024 juga tercatat sebesar 1,68% secara tahunan, lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 1,80%.

Menurut Banjaran, ruang pelonggaran BI-Rate baru akan terbuka pada semester II/2024, sebesar 50 hingga 75 basis poin. “Kami perkirakan di semester II [pemangkasan BI-Rate] bisa sampai 50-75 basis poin,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper