Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Cuan Margin Bunga Bank saat BI Rate Bakal Turun Tahun Ini, Makin Tebal?

BI diprediksi akan menurunkan suku bunga acuan pada tahun ini, bagaimana dampaknya ke margin bunga perbankan?
Ilustrasi bank. /Freepik
Ilustrasi bank. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -- Sederet bank jumbo Tanah Air terus mengerek kinerja. Sepanjang 2023, sejumlah bank Tanah Air telah mencetak cuan berkat lompatan rasio margin bunga bersih (net interest margin/NIM) yang besar pada beberapa tahun terakhir.  

Sebagaimana diketahui, NIM memberikan gambaran tentang seberapa efisien suatu lembaga keuangan dalam menghasilkan keuntungan dari selisih antara pendapatan bunga yang diperoleh dan biaya bunga yang dibayar. 

Makin besar angka NIM mengindikasikan bahwa potensi keuntungan perbankan dari dana yang disalurkan semakin besar.

Bank Indonesia (BI) yang telah memberikan sinyal soal penurunan suku bunga dinilai Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin akan berpengaruh pada besaran margin bunga bersih sebagai salah satu aspek pertumbuhan laba perbankan.

Pasalnya, saat BI menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin ke level 6%, maka mau tak mau mampu mengecilkan rasio NIM perbankan. 

“Dampak [penurunan suku bunga bagi bank] mungkin akan terasa pada bank dalam kuartal IV/2024,” katanya pada Bisnis yang dikutip, Selasa (6/2/2024).

Prediksi pun datang dari Ciptadana Sekuritas yang mengatakan kinerja NIM bakal mentereng apabila ada pemangkasan suku bunga dari bank sentral.

Disebutkan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menjadi pihak yang paling diuntungkan dari penurunan suku bunga acuan pada 2024, dengan ekspansi margin bunga bersih (NIM) sekitar 20 basis poin (bps) berkat fokus yang kuat pada sektor mikro. 

Dengan menurunnya suku bunga acuan, biaya bunga yang dibayarkan oleh BBRI kemungkinan akan menurun lebih cepat dibandingkan pendapatan bunga yang diperoleh dari portofolio pinjaman mikro mereka.

Berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan, NIM kelompok KBMI IV per November 2023 mencapai 5,44%. Capaian ini masih melampaui angka industri yang hanya menyentuh 4,83%. 

Melirik Lima Tahun Terakhir

Jika melihat tren lima tahun terakhir, BRI bertengger di posisi puncak peraih rasio margin bunga bersih tertinggi 6,84% sepanjang 2023, naik 4 basis poin (bps) dibanding capaian tahun sebelumnya, yakni 2022 sebesar 6,8%. Adapun, tren kenaikan ini sebenarnya telah berlannjut sejak 2021, di mana NIM BRI berada di level 6,89%. 

Sayangnya pada 2020, NIM BNI hanya mencapai 6%, lantaran fenomena pandemi Covid-19 telah menekan kinerja BRI dari NIM BNI yang sempat tercatat menyentuh 6,98% pada 2019. 

Penurunan NIM sendiri nyatanya sejalan dengan perolehan laba kala itu. BBRI sempat mencetak total laba bersih konsolidasian sebesar Rp18,65 triliun pada 2020, lebih rendah 45,65% year on year (yoy) dibandingkan dengan periode sama tahun 2019 senilai Rp34,37 triliun.

Namun, sejalan dengan perbaikan NIM, tentu sedikit banyaknya berpengaruh pada besaran laba saat ini. Tercatat, kini BRI meraih laba bersih konsolidasi Rp60,43 triliun sepanjang 2023. Capaian laba ini melonjak 17,55% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp51,41 triliun.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper