Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinyal dan Ramalan Pesta Dividen Bank Jumbo BBCA, BMRI, BBNI, dan BBRI

Empat bank besar telah merilis kinerja sepanjang 2023. Simak sinyal dan prediksi dividen BBRI, BMRI, BBNI, dan BBCA tahun buku 2023.
Ilustrasi dividen bank/Freepik
Ilustrasi dividen bank/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet bank jumbo seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) hingga PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) kerap disebut paling royal membagikan dividen seiring dengan lompatan laba bersih sepanjang 2023. Lantas, siapa yang akan menebar dividen paling royal tahun ini?

CEO Jooara Rencana Keuangan Gembong Suwito CSA CFP menilai prospek atas pembagian dividend yield bank jumbo Tanah Air sangat baik, terutama di bank BUMN, seperti BBRI, BBNI, dan BMRI.

“Secara umum Bank BUMN yang pengendalinya pemerintah akan memberikan dividen yang lebih tinggi kisaran 4%-6% tahun buku 2023,” katanya pada Bisnis, Senin (5/2/2024).  

Sementara itu, untuk perbankan swasta nasional terbesar yaitu PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dirinya memprediksi dividend yield perseroan berada di kisaran 3%-4% 

“Capaian laba BCA naik 19% menjadi Rp48,6 triliun, Earnings per Share [EPS] dari 330 menjadi 395. Lalu, DPS [dividend per share] tahun 2022 kemarin di 205 alias 62,12%. Tentunya tahun 2023 DPS-nya lebih tinggi dengan range 230-250,” ucapnya. 

Di sisi lain, mengutip riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia, dividen dari sektor keuangan menunjukkan pertumbuhan tertinggi secara tahunan yang berasal dari pertumbuhan pendapatan yang kuat. 

Meskipun terdapat peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membatasi pembagian dividen perbankan, akan tetapi pihaknya yakin bahwa sebagian besar bank akan mempertahankan kebijakan dividennya.

Hal ini, mengingat posisi permodalan yang besar. Tercatat, rasio kecukupan modal alias capital adequacy ratio (CAR) perbankan tercatat sebesar 27,89% per November 2023.

Adapun, dari segi yield, Handiman Soetoyo dan Abyan H. Yuntoharjo memprediksi BBRI, BMRI dan BBNI bakal menawarkan yield untuk para pemegang saham masing-masing 4,2%, 5,1% dan 5,1% untuk tahun ini.  

Bahkan, menurut pihaknya rasio yield dari bank pelat merah bakal terus meningkat, bahkan berpotensi memberikan imbal hasil dividen di atas 5% ke depannya.

Mengingat, pemerintah telah menargetkan dividen sebesar Rp85,8 triliun dari BUMN pada APBN 2024, lebih tinggi 4,5% dibandingkan realisasi dividen yang diterima pada tahun 2023 sebesar Rp82,1 triliun. 

“Dividen dari bank-bank BUMN sangat penting, kami yakin bank-bank BUMN akan terus memberikan dividen yang menggiurkan kepada pemegang sahamnya,” demikian isi riset tersebut

Senada, bila merujuk laporan bertajuk Equity Market Outlook 2024 dividend yield bank BUMN bakal memimpin dalam pemberian imbal hasil yang lebih royal pada Tahun Buku 2023. 

Di mana BBRI diprediksi memberikan dividen yield sebesar 5,5%, lalu BMRI sebesar 3,6% dan BBNI mencapai 3,8%. Sementara, BBCA diprediksi memberikan dividen yield sebesar 1,8% pada investornya untuk tahun ini. 

Berikut sinyal dan historis tebaran dividen BBRI, BBNI, BMRI, dan BBCA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper