Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Hapus Data di Aplikasi Pinjol Permanen Terbaru 2024

Berikut langkah dan cara menghapus data di aplikasi pinjol secara permanen. Menghapus data pribadi di aplikasi pinjol penting dilakukan jika utang sudah selesai
Cara menghapus data penting di aplikasi pinjol secara permanen - Bisnis/Himawan L Nugraha
Cara menghapus data penting di aplikasi pinjol secara permanen - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pinjaman online atau pinjol menjadi suatu solusi yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Jika Anda sudah tidak ingin berhubungan dengan aplikasi pinjol, Anda bisa mensiasatinya dengan cara menghapus data di aplikasi pinjol.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus data-data pribadi Anda dari aplikasi pinjaman online.

Melakukan pinjaman uang melalui pinjol memang lebih mudah, ketimbang mengajukan ke bank. Dengan pinjol, uang yang dipinjam pun langsung cair dalam hitungan menit.

Sayangnya, untuk mengajukan pinjol memerlukan data pribadi seperti KTP dan foto selfie. Data inilah yang dikhawatirkan bisa disalahgunakan. Belum lagi data kita yang masih tersimpan. Meskipun sudah melunasi utang, namun di beberapa kasus ada orang yang masih mendapat tagihan.

Hal tersebut terjadi lantaran data saat kita mengajukan pinjol masih dijadikan patokan oleh para penagih. Berikut ini cara menghapus data pinjol secara permanen agar tidak disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjol Permanen

Untuk melakukan penghapusan data di aplikasi pinjol, masyarakat harus memenuhi sejumlah syarat. Apa saja syaratnya?

Syarat hapus data pinjol adalah dengan melakukan pelunasan utang yang ada. Setelah utang selesai, maka masyarakat bisa melakukan hapus data.

Berikut cara menghapus data di aplikasi pinjol:

  1. Menghapus Data Melalui Aplikasi Pinjol: Buka aplikasi pinjol yang digunakan, lalu cari opsi untuk menghapus atau mereset data pengguna. Biasanya, terdapat menu di pengaturan aplikasi yang memungkinkan untuk menghapus data atau mereset aplikasi secara keseluruhan. Lakukan langkah ini untuk membersihkan data pribadi yang tersimpan di aplikasi pinjol.
  2. Menghapus Aplikasi Pinjol: Jika tidak memerlukan aplikasi pinjol lagi, cukup uninstall aplikasi tersebut dari perangkat smartphone. Cara ini akan menghapus semua data yang terkait dengan aplikasi pinjol dari perangkat Anda.
  3. Menghubungi Call Center Pinjol: Hubungi call center atau layanan pelanggan pinjol dan ajukan permintaan untuk menghapus data pribadi Anda dari sistem mereka. Pihak pinjol akan memberikan panduan lebih lanjut atau prosedur yang harus diikuti untuk menghapus data secara efektif.
  4. Menghubungi Otoritas Keuangan: Jika tidak berhasil melalui langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau lembaga pengawas keuangan terkait untuk meminta bantuan dalam menghapus data Anda dari pinjol yang bersangkutan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus data Anda dari aplikasi pinjol dengan efektif dan aman, serta menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi Anda.

Cara Hapus Data Aplikasi Pinjol di HP

Menghapus data pribadi bisa dilakukan langsung dari aplikasi pinjol yang dipakai yakni dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi pinjaman online yang ada di ponsel
  2. Masuk ke pengaturan dan pilih akun
  3. Kemudian pilih hapus informasi pribadi atau tutup akun
  4. Data di aplikasi pinjol pun berhasil dihapus

Ada cara lain yang bisa dipilih oleh seseorang yang ingin menghapus data pribadinya dari pinjol, yakni menghubungi call center.

Demikian beberapa cara menghapus data di aplikasi pinjol supaya tidak lagi berhubungan dengan pinjaman online atau debt collector. Namun perlu diingat bahwa sebelum menghapus data tersebut, Anda sudah melunasi semua utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper