Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelola Klaim Asuransi Kesehatan, Begini Strategi BCA Life, MSIG, hingga BNI Life

Sejumlah perusahaan asuransi jiwa seperti BCA Life, MSIG Life, hingga BNI Life memaparkan strategi untuk mengendalikan klaim asuransi kesehatan yang melonjak.
Karyawan beraktivitas di dekat logo PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) di Jakarta. Bisnis/Suselo Jati
Karyawan beraktivitas di dekat logo PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) di Jakarta. Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah perusahaan asuransi jiwa terpantau mengalami lonjakan klaim asuransi kesehatan hingga mencapai dua digit sepanjang 2023.

Peningkatan klaim tersebut sejalan dengan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang menunjukkan klaim kesehatan yang naik 24,9% yoy. Nilai klaimnya naik dari Rp16,68 triliun pada 2022 menjadi Rp20,83 triliun pada 2023.

Tren klaim kesehatan terus mengalami peningkatan. AAJI mencatat peningkatan klaim kesehatan paling banyak terjadi pada kelompok perorangan yang naik 25,9% yoy dari Rp10,64 triliun menjadi Rp13,40 triliun. Sementara itu, kelompok kumpulan juga mengalami kenaikan klaim menyentuh 23,2% yoy menjadi Rp7,44 triliun dari sebelumnya Rp6,04 triliun.

Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) mencatat jumlah klaim asuransi kesehatan yang dibayarkan perusahaan mengalami lonjakan sebesar 47% yoy, yaitu sebesar Rp208,3 miliar. Klaim ini mencakup  266.516 kasus pada 2023. Peningkatan itu sejalan dengan data kenaikan klaim kesehatan dari AAJI.

Presiden Direktur & CEO BCA Life Christine Setyabudhi mengatakan bahwa lonjakan klaim termasuk akibat penundaan berobat oleh pasien yang terjadi di tahun 2022 karena pandemi Covid-19.

“Peningkatan ini sesuai dengan bertambahnya jumlah klaim, naiknya besaran tarif pelayanan kesehatan dan juga kemajuan teknologi kesehatan,” kata Christine kepada Bisnis, Rabu (28/2/2024).

Menurut BCA Life, tren klaim setiap tahunnya akan selalu mengalami kenaikan, hal ini disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan asuransi semakin tinggi sehingga kepemilikan proteksi asuransi semakin dimanfaatkan oleh setiap nasabah.

Christine menuturkan bahwa setiap produk sudah melalui perhitungan beban risiko yang akan ditanggung untuk setiap polisnya. “BCA Life akan senantiasa memberikan pelayanan kepada setiap nasabahnya,” imbuhnya.

Dalam menghadapi peningkatan klaim kesehatan, BCA Life mengambil langkah-langkah konkret untuk memastikan agar nasabah tetap terproteksi secara baik, di antaranya dengan menyiapkan fitur pengajuan klaim secara digital atau e-claim melalui aplikasi NOW by BCA Life guna semakin mempermudah dan mempercepat dan memantau proses klaim yang diajukan nasabah.

Selain itu, Christine menambahkan bahwa BCA Life juga fokus pada langkah preventif, yaitu berkolaborasi dengan Rumah Sakit rekanan melalui acara Health Talk, Doctor Talk, ataupun artikel kesehatan dari rumah sakit rekanan BCA Life.

Perusahaan juga memiliki program mini MCU rutin yang diberikan bagi nasabah sebagai salah satu cara untuk mendeteksi masalah kesehatan sejak dini agar nasabah bisa mengetahui kondisi kesehatan sebelum bertambah fatal.

Adapun untuk mengatasi kenaikan biaya medis dan jumlah klaim kesehatan, BCA Life memitigasinya dengan melakukan penyesuaian premi jika dibutuhkan, melakukan analisis risiko secara berkala untuk mengidentifikasi tren klaim dan menerapkan strategi manajemen risiko yang sesuai. 

“Kami juga terus membangun kemitraan dengan rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan tarif yang lebih baik dan memastikan akses terbaik bagi peserta,” tuturnya.

BCA Life, tambah Christine, juga melakukan edukasi untuk mendorong pencegahan penyakit, dan penggunaan layanan kesehatan yang efisien juga selalu dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit.

Sementara itu, PT BNI Life Insurance (BNI Life) juga mencatat total pembayaran klaim kesehatan perusahaan pada 2023 menjadi Rp519 miliar. Plt. Direktur Utama BNI Life Eben Eser Nainggolan menyampaikan bahwa klaim kesehatan perusahaan naik sekitar 46% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Kenaikan klaim kesehatan dapat disebabkan beberapa faktor di antaranya setelah berakhirnya pandemi Covid-19 banyak nasabah yang melakukan berobat di klinik atau rumah sakit, dan inflasi biaya kesehatan,” ujar Eben kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper