Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Kendaraan Listrik CNAF Rp176,27 Miliar per April 2024, Naik 257%

CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) atau CIMB Niaga Finance mencatat penyaluran kredit kendaraan listrik tembus Rp176,27 miliar per April 2024.
Karyawan melayani nasabah di kantor PT CIMB Niaga Auto Finance di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (3/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah di kantor PT CIMB Niaga Auto Finance di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (3/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) atau CIMB Niaga Finance telah menyalurkan kredit kendaraan listrik atau ramah lingkungan sebanyak Rp176,27 miliar sampai dengan April 2024.

Penyaluran kredit tersebut meningkat 257% apabila dibandingkan pada periode April 2023 yang mencapai Rp49,43 miliar. 

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan apabila dilihat dari pertumbuhan jumlah unit, dimana jumlahnya melesat 307%.

“Di mana bulan April 2024 kendaraan ramah lingkungan di CNAF mencapai 557 unit jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu sebanyak 137 unit,” kata Ristiawan kepada Bisnis, Selasa (21/5/2024). 

Ristiawan mengatakan kontribusi untuk pembiayaan kendaraan ramah lingkungan di CNAF mencapai sebanyak 6% dari total penyaluran pembiayaan. Adapun, CNAF mencatatkan total pembiayaan sebanyak Rp3,17 Triliun hingga April 2024. 

Pembiayaan kendaraan bekas dan pembiayaan multiguna masih menjadi kontributor terbesar di mana mencapai 75% atau Rp2,38 Triliun dari total penyaluran pembiayaan CNAF. 

Meskipun kontribusi pembiayaan ramah lingkungan masih belum banyak, Ristiawan menyebut CNAF optimistis pembiayaan kendaran ramah lingkungan akan terus meningkat pada tahun ini.

Terlebih menurutnya progres kesiapan infrastruktur untuk kendaraan ramah lingkungan seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum, sparepart dan service sudah berjalan dan bertambah banyak. 

“Brand atau produsen otomotif juga sudah mulai meluncurkan berbagai macam produk kendaraan ramah lingkungan. Untuk itu CNAF melihat pangsa pasar ini akan menjadi wadah dalam meningkatkan pertumbuhan pembiayaan baru di tahun 2024,” kata Ristiawan. 

Bahkan pada tahun ini, Ristiawan bilang, CNAF menargetkan pembiayaan baru untuk kendaraan ramah lingkungan sebesar Rp400 miliar. Untuk mencapai target tersebut, CNAF melakukan beberapa strategi.

Pertama, CNAF akan memberikan suku bunga/margin yang bersaing dengan market yaitu menawarkan suku bunga yang lebih murah dari pembiayaan regular bahkan menawarkan suku bunga 0% dengan syarat khusus dan tentunya hal ini menjadi salah satu alternatif pilihan nasabah. 

Selain itu, CNAF juga mengedepankan percepatan proses pengajuan serta dokumen yang sederhana akan membuat pertumbuhan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan dapat semakin meningkat.

"CNAF juga terus bersinergi dengan induk usaha yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk. untuk menjaring nasabah. Selain itu, induk usaha juga memiliki arah yang sama dalam hal keberlanjutan,” tandas Ristiawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper