Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Jiwa Gandeng BPD Perluas Pemasaran Lewat Bank

Sejumlah perusahaan asuransi jiwa yang ingin menggenjot jalur pemasaran lewat bank, semakin gencar menjalin kerja sama dengan bank pembangunan daerah (BPD) sebab bank-bank besar dipastikan sudah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan asuransi.

Bisnis.com, JAKARTA—Sejumlah perusahaan asuransi jiwa yang ingin menggenjot jalur pemasaran lewat bank, semakin gencar menjalin kerja sama dengan bank pembangunan daerah (BPD) sebab bank-bank besar dipastikan sudah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan asuransi.

PT Asuransi Tokio Marine Life Indonesia (TMLI) menargetkan bisa menjalin kerja sama dengan enam BPD hingga akhir tahun ini. Edy Purwanto, Direktur TMLI mengatakan hingga saat ini pihaknya sudah menjajaki dua BPD.

“Kami sih menargetkan dalam beberapa tahun mendatang bisa menjalin kerja sama dengan seluruh BPD,” ujarnya, Selasa (8/7/2014).

Dipilihnya BPD, menurut Edy, selain karena sudah bank-bank besar sudah memiliki banyak rekanan, BPD juga dinilai memiliki nasabah yang cukup kuat di daerah-daerah.

“Waktu kami bertemu dengan beberapa BPD, kami melihat profil nasabahnya cocok dengan Tokio Marine,” katanya.

Edy mengatakan, saat ini jalur distribusi melalui agen masih sangat mendominasi, yakni lebih dari 90%. Sedangkan jalur distribusi lewat bank masih sangat kecil. Pada 2014 ini pihaknya ingin memperbesar porsi bancassurance.

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) juga sedang menjajaki tiga perusahaan perbankan untuk menjalin kerja sama dalam distribusi produk bancassurance.

Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim mengatakan hingga akhir tahun pihaknya menargetkan untuk menambah tiga rekanan bank. “Kami sih mengharapkannya bank lokal,” ujar Hendrisman saat ditanya jenis bank yang sedang diincarnya.

Menurutnya, bank lokal memiliki pasar yang lebih luas. Sebagai gambaran, Asuransi Jiwasraya sudah menjalin kerja sama dengan enam bank. Termasuk di dalamnya seluruh bank milik negara. Bank lokal yang dimaksud Hendrisman adalah BPD.

Pada tahun ini, Jiwasraya menargetkan untuk menjalin kerja sama dengan lima perusahaan perbankan. Sepanjang semester pertama, perusahaan asuransi pelat merah ini telah menjalin kerja sama dengan dua bank, dengan komposisi satu bank lokal dan satu bank asing.

Penambahan jumlah rekanan bank tersebut seiring dengan rencana Jiwasraya untuk menambah komposisi produk bancassurance dari sebelumnya 20% menjadi 22% sampai 25%.

Berdasarkan data regulator, jumlah kerjasama pemasaran produk asuransi melalui bank mencapai 1.057 hingga April 2014. Kerja sama tersebut dilakukan oleh 26 perusahaan asuransi jiwa dengan 40 bank dan 23 perusahaan asuransi umum dengan 67 bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper