Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRISat: Gunakan Satelit Sendiri, Biaya Operasional BRI Berkurang

Memiliki satelit sendiri membuat BRI memiiliki keunggulan tersendiri dibandingkan institusi perbankan lainnya.
BRIsat/twitter-@Satelit_BRI
BRIsat/twitter-@Satelit_BRI

Bisnis.com, TERNATE - Memiliki satelit sendiri membuat BRI memiiliki keunggulan tersendiri dibandingkan institusi perbankan lainnya.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ternate, Maluku Utara, menghitung dengan menggunakan satelit komunikasi sendiri, yakni BRI-sat, biaya operasional bisa dikurangi.

"Penggunaan satelit dapat mengurangi biaya oprasinonal sebesar Rp500 miliar/ tahun," kata Kepala BRI Cabang Ternate, Anditya Mahendra, di Ternate, Minggu (26/6/2016).

Dia mengaku, keberadaan satelit sendiri memberi kebanggaan khusus bagi masyarakat Maluku Utara dan Indonesia pada umumnya.

Bahkan, dengan adanya satelit ini, pihaknya bisa melakukan efisiensi yang signifikan pada biaya operasional dengan menghemat kurang lebih Rp500 miliar, sehingga nanti akan menurunkan bunga kredit.

"Dengan adanya pengurangan operasional bisa transmisikan menjadi harga kredit yang akan mereka berikan kepada masyarakat," kata Aditiya.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya satelit ini, pihaknya bisa mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dikaitkan dengan kondisi geografis Maluku Utara.

"Untuk BRI sat berada di Papua. Jadi otomatis lebih dekat dengan Maluku Utara, sehingga nanti kendala seperti jaringan yang lambat itu tidak terjadi lagi," katanya.

Menurutnya, dengan adanya BRIsat juga membuat mereka menghemat, karena selama ini menyewa satelit dengan biaya yang mahal.

Sehingga, kata Anditya, dengan menghemat itu diharapkan biaya operasional lebih hemat dan bunga kredit bisa diturunkan.

Di sisi lain, Aditya mengakui, dalam enam bulan terakhir, pengguna mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pada kantor bank BRI Cabang Ternate semakin meningkat tajam.

Hal itu dibuktikan dengan bartambahnya mesin ATM BRI yang ada di kota Ternate.

Transaksi melalui ATM dari triwulan ke triwulan terus meningkat baik pengiriman, penarikan, tabungan dan belanja langsung menggunakan kartu ATM.

"Rata-rata menggunakan ATM hingga 150 transaksi dan itu hanya pada satu ATM," tandas Anditya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper