Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setahun Terbangkan Satelit, BRI Targetkan 15.000 Jaringan Terkoneksi

Saat ini kecepatan transfer data di Kantor Cabang dan BRI Unit yang sudah menggunakan satelit minimal 2 Mbps dari sebelumnya yang hanya sekitar 128 kbps, ini tentunya meningkatkan kecepatan layanan kepada nasabah.
BRIsat/twitter-@Satelit_BRI
BRIsat/twitter-@Satelit_BRI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang memiliki satelit BRIsat sudah setahun penuh mengangkasa. Selama setahun, perseroan telah terkoneksi dengan 10.000 jaringan kerja perseroan di seluruh Indonesia, dan  ditargetkan bisa mengubungkan hingga 15.000 jaringan kerjanya sampai dengan Oktober 2017.

Direktur Digital Banking & Strategy Bank BRI Indra Utoyo mengatakan, jaringan kerja tersebut terdiri dari jaringan konvensional: Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit dan Teras BRI, dan jaringan e-channel (ATM dan EDC) serta Teras BRI Kapal Bahtera Seva II dan III.

“Kami menargetkan pada Oktober 2017 jumlah jaringan kerja BRI yang terkoneksi dengan BRIsat bertambah hingga mencapai 15.000,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (10/8).

Indra menuturkan, Saat ini kecepatan transfer data di Kantor Cabang dan BRI Unit yang sudah menggunakan satelit minimal 2 Mbps dari sebelumnya yang hanya sekitar 128 kbps, ini tentunya meningkatkan kecepatan layanan kepada nasabah.

Hingga kini pun kinerja in orbit BRIsat sesuai parameter yang diharapkan, baik daya listrik Solar Cell, baterai, daya pancar serta bahan bakarnya. Area layanan jaringan BRIsat dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia, seluruh wilayah Asia Tenggara, Jepang, Hong Kong dan pantai timur China.

BRIsat terdiri dari 45 transponder, dimana sebanyak 41 transponder dialokasikan untuk kepentingan Bank BRI sedangkan 4 transponder lainnya telah diserahkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selaku regulator.

Pada awal Juni 2017 lalu, Kemenkominfo telah menyerahkan keempat transponder tersebut kepada Mabes TNI, Polri, BIN, Bakamla dan Kemenkeu untuk mendukung optimalisasi kinerja Kementerian dan Lembaga Negara serta memberikan manfaat yang lebih strategis kepada Negara.

Dari 41 transponder yang akan dipakai oleh Bank BRI, kini 30 transponder diantaranya telah terpakai. “Kami targetkan di bulan Oktober 2017 seluruh 41 transponder telah terpakai seluruhnya,” urai Indra Utoyo.

BRISAT yang diluncurkan pada 19 Juni 2016 lalu dari Kourou, French Guyana dan mengorbit geostationer di 150,5º Bujur Timur dioperasikan langsung melalui Ground Control yang dibangun di Ragunan, Jakarta Selatan sekaligus difungsikan sebagai Primary Satellite Control Facility (PSCF) dan di Tabanan, Bali sebagai Backup Satellite Control Facility (BSCF).

Dengan dukungan BRIsat, masyarakat diharapkan dapat semakin merasakan meningkatnya fungsi financial intermediary Bank BRI sehingga pembangunan ekonomi menjadi lebih merata, menjangkau daerah-daerah terpencil yang selama ini belum tersentuh akses keuangan dan perbankan. Semakin luasnya implementasi inklusi keuangan ini akan membuat keberadaan Bank BRI semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper