Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan, BRI Bidik Jumlah Agen BRILink Naik 3 Kali Lipat

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menargetkan jumlah agen BRILink pada tahun depan bisa mencapai 200.000 agen.
Gedung Bank Rakyat Indonesia/Ilustrasi
Gedung Bank Rakyat Indonesia/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menargetkan jumlah agen BRILink pada tahun depan bisa mencapai 200.000 agen. Angka ini berarti hampir tiga kali lipat dari jumlah agen yang ada sekarang.

Executive Vice President Transaction Banking BRI Solichin Lutfiyanto mengatakan hingga Oktober 2016, jumlah agen BRILink tercatat sebanyak 72.768 agen. Untuk mencapai target di 2017, perseroan menambah alternatif channel-nya.

"Kami menggunakan cara nonkonvensional, yakni menambah alternatif jaringan kami melalui website, aplikasi untuk smartphone, dan USSD. Saat ini, mostly pakai EDC yang ketergantungan alatnya tinggi," katanya seusai acara Gathering dan Implementasi Massal Layanan Fitur Baru Agen BRILink di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Solichin menjelaskan dengan menggunakan EDC, banyak wilayah yang tidak terjangkau agen karena mengharuskan penggunaan data internet. Selain itu, dengan alternatif channel baru, agen tidak perlu memiliki EDC. Namun, bisa juga menggunakan personal computer, smartphone, ataupun telepon genggam dengan teknologi lama.

Lebih lanjut, dia menyebutkan dengan teknologi Unstructured Supplementary Services Data (USSD) yang memungkinkan segala jenis handphone GSM untuk bertransaksi dengan sinyal minimum, maka wilayah remote bisa terjangkau agen BRILink dengan transaksi menggunakan telepon genggam non-internet.

"Alternatif channel itu jalan mulai tahun depan. Desember ini kami selesaikan semuanya dulu," ujarnya.

Terkait investasi yang dikeluarkan perseroan, Solichin menyebut penambahan channel baru tidak terlalu banyak memakan dana. Pasalnya, device yang digunakan milik agen, tidak disediakan oleh bank. Untuk jaringan komunikasi, BRI menggunakan satelit yang baru dimilikinya pada pertengahan tahun ini BRISat.

Adapun, jumlah transaksi agen BRILink pada Oktober 2016 tercatat sebesar 6,9 juta transaksi dengan volume senilai Rp7,2 triliun. "Sales volume tahun kemarin bisa naik 400% hingga 500%. Untuk tahun ini bisa tumbuh dua digit sudah luar biasa," katanya.

Selain menambah channel, bank dengan jaringan kantor terbesar ini juga menambah fitur baru agen BRILink. Terdapat 3 fitur baru yang dapat ditransaksikan oleh agen, yaitu bantuan sosial pemerintah, asuransi mikro, dan layanan multipayment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper