Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Darmin halau spekulan dengan operational twist

 
M. Munir Haikal
M. Munir Haikal - Bisnis.com 16 November 2011  |  12:06 WIB

 

JAKARTA: Kebijakan operasional twist yang dilaksanakan Bank Indonesia dipercaya berhasil menyaring dana spekulan ke pasar dalam negeri.
 
Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengungkapkan salah satu cara yang dijalankan BI guna mengarahkan investasi ke kegiatan jangka panjang adalah melalui operation twits yaitu dengan cara menjual valuta asing (valas), lalu dana dari penjualan tersebut digunakan untuk membeli surat utang negara (SUN).
 
Dia mengatakan hal tersebut membuat dana spekulatif bingung dan sulit mengambil keuntungan (profit taking) yang menyebabkan belum kembalinya dana spekulatif hingga saat ini. Hal tersebut pada akhirnya membuat kondisi lebih stabil.
 
Darmin mencontohkan bahwa sebelum dilaksanakannya operation twist, pada Februari 2011, margin keuntungan (yield) surat utang negara (SUN) 10 tahunan naik hingga 10% dari 6%-7%. 
 
"Sejak operation twist, setiap hari BI beli SUN sehingga saat terjadi gejolak pada September-Oktober lalu, yield SUN 10 tahunan tetap 6%-7%," tegasnya.
 
Hal tersebut terjadi karena sebelumnya sedangkan BI membeli Valas dengan menarik rupiah dari pasar, sehingga menyebabkan kekeringan likuiditas. Hal tersebut menyebabkan investor sulit menjual obligasi yang dimilikinya yang berujung pada penurunan harga. (ln)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top