Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri masih berniat akuisisi bank

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk  masih berambisi melakukan pertumbuhan anorganik melalui akuisisi sebuah bank yang telah dimasukkan dalam rencana bisnis bank 2012. Bank pelat merah tersebut berencana mengakuisisi bank yang fokus ke retail.Direktur

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk  masih berambisi melakukan pertumbuhan anorganik melalui akuisisi sebuah bank yang telah dimasukkan dalam rencana bisnis bank 2012. Bank pelat merah tersebut berencana mengakuisisi bank yang fokus ke retail.Direktur Keuangan Bank Mandiri pahala Mansury mengungkapkan akuisisi tersebut akan mencari bank yang dapat masuk ke sektor retail, usaha kecil dan mikro."RBB [rencana bisnis bank] akuisisi akan dimasukkan tapi apakah nanti ada yang cocok atau tidak, kami belum tahu. Kami lihat mungkin lebih ke bank," ujarnya, hari ini.Namun demikian dia enggan mengungkapkan besaran bisnis bank yang disasar. Dia juga belum menjelaskan soal jumlah dana yang disiapkan.Meski begitu, Pahala optimistis untuk realisasi rencana akuisisi tersebut perseroan belum membutuhkan tambahan modal karena saat ini rasio kecukupan modal (CAR) masih jauh di atas ketentuan Bank Indonesia sebesar 8%."CAR saat ini masih 16%, mungkin dengan ekspansi kredit tahun depan CAR masih berada di atas 14%. Saya belum liaht perlunya tambahan modal," ungkapnya.Penurunan rasio kecukupan modal tersebut diperkirakan terjadi apabila ekspansi kredit perseroan pada 2012 sesuai dengan target sebesar 18%--23%. Padahal realisasi kredit perseroan hingga akhir tahun ini diperkirakan mencapai 27%.Penurunan tersebut, lanjut Pahala, terjadi karena penyaluran kredit valuta asing diperkirakan melambat, atau bahkan tidak tumbuh. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Munir Haikal
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper