Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENYALURAN KUR: BI dorong peningkatan kredit

SEMARANG: Bank Indonesia Semarang terus mendorong perbankan di Jateng untuk meningkatkan pemberdayaan usaha menengah kecil mikro di wilayah ini melalui peningkatan penyaluran kredit usaha rakyat yang pada tahun lalu mencapai Rp9,27 triliun. Pemimpin

SEMARANG: Bank Indonesia Semarang terus mendorong perbankan di Jateng untuk meningkatkan pemberdayaan usaha menengah kecil mikro di wilayah ini melalui peningkatan penyaluran kredit usaha rakyat yang pada tahun lalu mencapai Rp9,27 triliun. Pemimpin Bank Indonesia Semarang Joni Swastanto mengatakan sealisasi plafon kredit usaha rakyat (KUR) di Jateng  pada Januari-Desember 2011 tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 87,49%. Sementara itu, untuk baki debet atau kredit yang sudah dibayarkan hingga akhir periode tersebut mencapai Rp3,77 triliun. Joni berharap pada tahun ini pertumbuhan penyaluran KUR meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu guna mendongkrak UMKM di wilayah ini. “Kami terus mendorong perbankan di Jateng untuk menyalurkan KUR bagi UMKM sebanyak-banyaknya, mengingat alokasi dana untuk program tersebut relatif besar. UMKM diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas ini. Tahun lalu, pencapaiannya Rp9,27 triliun,” katanya kepada Bisnis, hari ini (12/02).Menteri Koperasi dan UMKM Sjarifuddin Hasan pada akhir pecan lalu mengatakan dana  KUR yang telah dialokasikan oleh pemerintah pada tahun ini  senilai Rp30 triliun secara nasional. Dia berharap fasilitas pembiayaan ini dapat dimanfaatkan  oleh UMKM dan koperasi terutama yang memiliki usaha yang layak namun belum bankable.“UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif seperti  pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam,” tuturnya. Sementara itu data Bank Indonesia Semarang mencatat bank penyalur KUR di Jateng Tengah adalah PT. BRI, Tbk, PT. BNI, Tbk, PT. Bank Bukopin, PT. Bank Syariah Mandiri, PT. Bank Mandiri, Tbk, PT. BTN dan PT. Bank Jateng. Joni menuturkan dalam penyaluran KUR tersebut, BRI merupakan yang tertinggi dengan kontribusi sebesar Rp5,78 triliun atau 61,42% dari total keseluruhan penyaluran KUR di wilayah ini. Bank-bank lain memberikan kontribusi  di bawah 14%, dengan urutan dari yang terbanyak yaitu Bank Jateng, BNI, Bank Mandiri, BTN, Bank Bukopin dan BSM, sedangkan bank penyalur KUR terendah adalah Bank Syariah Mandiri dengan pangsa sebesar1,20% dari total plafon krdit. “Peran BI dalam hal ini yaitu mendukung penyaluran KUR melalui penyediaan data dan informasi  mengenai komoditi unggulan wilayah, lending model, data profile UMKM yang feasible namun belum bankable,” katanya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rachman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper