Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: PT Semen Gresik Tbk memperoleh fasilitas stand by loan senilai Rp1 triliun dari Bank Mandiri untuk mendukung ketahanan finansial pada operasional perusahaan.

 

Fasilitas pinjaman kredit untuk jangka waktu 1 tahun ini diperlukan untuk menjamin kebutuhan pendanaan perseroan yang kini tengah ekspansi membangun dua pabrik baru.

 

Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto mengatakan dengan posisi balance sheet yang baik memerlukan serta belanja modal dan operasional membutuhkan dukungan pendanaan yang baik.

 

"Ini sudah 5 tahun kami tunggu-tunggu. Neraca keuangan yang baik kami harapkan dapat lebih dikelola dengan adanya kerja sama ini," ujar Dwi dalam penandatangan nota kesepahaman dengan Bank Mandiri sore ini (2/8/2012).

 

Penekenan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Dwi Soetjipto dan Direktur Corporate Banking PT Bank Mandiri Tbk Francisca Nelwan Mok, yang disaksikan oleh Wakil Dirut Bank Mandiri Riswinandi dan Direktur Keuangan Semen Gresik Ahyanizzaman.

 

Dwi menambahkan fasilitas ini akan digunakan perseroan untuk memperkuat kebutuhan modal kerja yang semakin meningkat. Apalagi, lanjut dia, Semen Gresik baru saja mengoperasikan pabrik baru di Tuban dan beberapa rencana strategis lainnya.

 

Riswinandi mengatakan kerja sama ini melanjutkan hubungan perseroan dua pihak yang terjalin sejak lama.

 

Bank Mandiri juga akan memberikan layanan national pooling untuk mengkonsolidasikan rekening operasional perseroan dan anak perusahaan, termasuk Semen Padang, Varia Usaha, Swadaya Graha, SGG Prima Beton dan SGG Energi Prima.

 

"Dengan mekanisme national pooling ini rekening setiap anak perusahaan dapat melakukan transaksi keuangan dengan pemasok dan likuiditas yang terjamin,"

ujar Riswinandi.

 

Layanan tersebut akan membantu Semen Gresik untuk mengetahui secara real time posisi likuiditas grup sehingga pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

 

Sinergi CSR

Selain memberikan layanan fasilitas pinjaman, Bank Mandiri dan Semen Gresik Group akan bekerja sama dalam penyaluran dana program bina lingkungan.

 

Penyaluran dana CSR diberikan dalam bentuk bantuan dana untuk menunjang program kerja Semen Gresik Foundation (SGF), yakni pendidikan dan sosial untuk wilayah Gresik, Lamongan, dan Tuban.

 

Bank Mandiri dan Semen Gresik juga akan memberikan beasiswa kepada enam orang guru berprestasi dari Gresik, Lamongan, dan Tuban untuk melanjutkan studi pascasarjana dan beasiswa untuk 120 orang siswa berprestasi, serta pelatihan kewirausahaan untuk 6 SMK di Lamongan dan Tuban.

 

Program lain yang berdimensi jangka panjang adalah pemberantasan buta aksara 300 orang di wilayah Kecamatan Kerek, Tuban dan pelatihan kewirausahaan kepada generasi muda di Tuban.

 

"Untuk meningkatkan kesejahteraan sosial warga, program ini juga akan memberikan bantuan berupa pembangunan fasilitas umum seperti tempat ibadah di Kecamatan Babat, Lamongan," tambah Dwi. (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Aprika R.Hernanda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper