Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KOMPETENSI PERBANKAN: IBI Terima Standar Kompetensi Kepatuhan Perbankan

JAKARTA-Keahlian kepatuhan dan anti money laundering menjadi sorotan dalam Standar Kompetensi Kepatuhan Perbankan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Desember 2012  |  12:56 WIB

JAKARTA-Keahlian kepatuhan dan anti money laundering menjadi sorotan dalam Standar Kompetensi Kepatuhan Perbankan.

Hari ini (12/12) Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan (FKDKP) menyerahkan Standar Kompetensi Kepatuhan Perbankan kepada Institut Bankir Indonesia (IBI).

Standar kepatuhan perbankan tersebut mencakup keahlian kepatuhan dan anti money laundering yang dikategorikan dalam tiga level yakni compliance officer, compliance manager, compliance executive.

Kompetensi keahlian pada ketiga level sertifikasi ini akan diukur dari tiga komponen utama yaitu pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap (attitude).

Menurut Ketua Bidang Pengembangan (FKDKP) Ogi Prastomiyono, standar kompetensi bidang kepatuhan ini sangat diperlukan mengingat meningkatnya kebutuhan stakeholders. Canggihnya kejahatan di bidang keuangan dan ketatnya kompetensi dalam industri perbankan menyebabkan bank terexpose oleh risiko yang bersifat sistemik.

“Oleh karenanya diperlukan tindakan yang bersifat pencegahan dalam menjaga operasional industri perbankan agar selalu dalam koridor yang aman dan terjadi prudentiality-nya,” ujarnya.

FKDKP telah mulai menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sejak 2009. Kategori SKKNI mencakup bidang jasa keuangan dan asuransi, golongan pokok jasa keuangan bukan asuransi dan dana pensiun, perbankan konvensional dan perbankan syariah, kelompok kepatuhan perbankan.

“Dengan adanya SKKNI untuk bidang kepatuhan perbankan ini, saat ini industri perbankan telah punya enam buah sertifikasi,” ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Profesi Institut Bankir Indonesia (IBI) Herwidayatmo. (yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Anggi Oktarinda & Farodlilah Muqoddam

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top