Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANGUN KAPAL PERANG: BANK MANDIRI Beri Pinjaman Rp42,14 Miliar

JAKARTA--PT Bank Mandiri Tbk memberikan pinjaman senilai Rp42,14 miliar kepada PT Palindo Marine untuk pembangunan kapal perang guna memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan, atau Alutsista, nasional.   Dalam keterangan resmi yang diterima
JAKARTA--PT Bank Mandiri Tbk memberikan pinjaman senilai Rp42,14 miliar kepada PT Palindo Marine untuk pembangunan kapal perang guna memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan, atau Alutsista, nasional. 
 
 
Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (25/1), pembiayaan itu diberikan untuk pembangunan KRI Beladau - 643, yakni kapal perang jenis kapal cepat rudal ketiga produksi dalam negeri. Pinjaman itu terdiri dari kredit modal kerja (KMK) sebesar Rp22,67 miliar dan bank garansi sejumlah Rp19,47 miliar. 
 
 
Peresmian kapal cepat rudal, KRI Beladau – 643 dilakukan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro di Dermaga Batu Ampar, Batam pada Jumat (25/1). Acara itu juga disaksikan oleh Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Marsetio, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi, dan Direktur Utama Palindo Marine Harmanto.
 
 
Riswinandi mengungkapkan sebelumnya perseroan telah memberikan dua pinjaman serupa dengan nilai total Rp65,97 miliar untuk pembangunan dua unit kapal cepat rudal pertama dan kedua produksi dalam negeri, yaitu KRI Clurit dan KRI Kujang.
 
 
"Ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap industri strategis nasional dalam pengembangan teknologi alutsista sehingga menciptakan kemandirian bangsa dalam memperkuat kedaulatan nasional. Untuk itu, kami juga telah memberikan komitmen untuk pembangunan kapal rudal cepat yang keempat,” ungkapnya. 
 
Dengan demikian, bank pelat merah ini telah menyalurkan Rp162,51 miliar untuk membantu Palindo Marine membangun empat kapal cepat rudal tersebut. Dari jumlah tersebut, Rp85,57 miliar merupakan KMK dan Rp76,94 miliar lainnya berupa fasilitas bank garansi.
 
Riswinandi menambahkan hingga saat ini pihaknya sudah memberikan kredit alutsista lebih dari Rp1,18 triliun yang disalurkan kepada beberapa industri strategis, seperti PT Pindad dan PT Dok Kodja Bahari.
 
Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Beladau – 643 dibangun oleh Palindo Marine di Tanjunguncang – Batam. Kapal pemukul reaksi cepat ini memiliki panjang 43 meter, lebar 7,40 meter dan berat 250 ton serta mampu melaju hingga kecepatan 27 knot ini merupakan produksi asli dalam negeri. 
 
Selain itu, KRI Beladau – 643 dilengkapi sistem persenjataan modern dengan Sensor Weapon Control, di antaranya meriam kaliber 30mm enam laras sebagai sistem pertempuran jarak dekat (CIWS) dan peluru kendali 2 set Rudal C-705. 
 
Kapal dengan sistem pendorong fixed propeller lima daun ini juga memunyai dua unit senapan mesin caliber 20 mm di anjungan kapal.
 

Bagian lambungnya terbuat dari baja khusus yang bernama High Tensile Steel, yang diperoleh dari PT Krakatau Steel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper