Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK JABAR BANTEN Bidik Bisnis Ritel di Palembang

BISNIS.COM, BANYUASIN--PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk memperkuat bisnis perbankan di Cabang Palembang dengan menyasar sektor ritel pada tahun ini.Manager Komersial dan Konsumer BJB Cabang Palembang Ahmad Diponegoro mengatakan bidikan

BISNIS.COM, BANYUASIN--PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk memperkuat bisnis perbankan di Cabang Palembang dengan menyasar sektor ritel pada tahun ini.

Manager Komersial dan Konsumer BJB Cabang Palembang Ahmad Diponegoro mengatakan bidikan segmen ritel ini karena perseroan sudah mencapai kinerja positif untuk pasar korporasi di Palembang sejak beroperasional pada Maret 2012 lalu.

“Untuk segmen korporasi sudah berjalan cukup sukses dalam penyaluran kredit. Pada tahun ini strategi kami menyasar pasar ritel,” katanya di sela penyerahan dana corporate social responsibility (CSR) untuk Puskesmas Betung Kota, Kabupaten Banyuasin, Sumsel pada Minggu (19/5/2013).

Ahmad mengatakan secara besaran kredit, pihaknya memproyeksi kontribusi kinerja penyaluran masih akan didominasi sektor korporasi pada tahun ini.

Pasalnya, ada beberapa kredit pada sektor itu yang akadnya pada tahun lalu dan akan cair pada 2013.

Seperti diketahui sebelumnya, BJB Cabang Palembang ikut menyalurkan kredit dengan skema club deal untuk proyek revitalisasi pabrik Pusri IIB milik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang sebesar Rp400 miliar pada 2012.

Pusri sendiri memeroleh total kredit dari berbagai bank yang berpartisipasi itu sekitar Rp7,4 triliun.

“Oleh karena itu kami proyeksi pertumbuhan kredit bisa mencapai 400% dibanding tahun lalu karena akan ada pencairan yang dilakukan pada tahun ini.

Akan tetapi, kami berharap sektor ritel juga berkontribusi signifikan untuk kredit BJB Palembang,”jelasnya.

Ahmad melanjutkan perusahaan juga akan mengenalkan berbagai produk tabungan untuk menghimpun dana murah dari masyarakat Palembang.

BJB Cabang Palembang menargetkan dapat menggaet sekitar 2.000 nasabah baru untuk penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) pada 2013.

Perkuat Branding

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Operasional BJB Cabang Palembang Buyung Marzuki Rahman menambahkan pihaknya juga akan memperkuat branding perusahaan di cabang tersebut.

“Kami akan menambah 3 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di 3 lokasi untuk semakin mengenalkan brand perusahaan kepada masyarakat di Palembang,”katanya.

Menurut Buyung penguatan branding perlu agar masyarakat lebih mengenal bank pembangunan asal Jabar itu.

Dia mengatakan selain menyasar Kota Palembang, pihaknya juga ingin menggarap pasar di daerah, seperti Kabupaten Banyuasin karena prospektif.

“Oleh karena itu kami memilih penyaluran dana CSR di Kabupaten Banyuasin karena daerah ini sudah berkontribusi cukup banyak untuk kinerja BJB Cabang Palembang.  Kami ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di sini,” katanya.

BJB Cabang Palembang telah menyalurkan dana  tanggung jawab sosial sebesar Rp50 juta dalam kegiatan pelayanan kesehatan untuk UPT Puskesmas di Betung, Banyuasin.

Bentuk kegiatan pelayanan kesehatan berupa khitanan massal untuk 100 anak serta bantuan alat – alat kesehatan untuk UPT Puskesmas Betung Kota.

Buyung menambahkan pada tahun ini perseroan memusatkan dana CSR untuk kepentingan kesehatan.

"Tahun lalu kami membidik sektor pendidikan untuk diberikan alokasi dana CSR sementara sekarang lebih fokus untuk sektor kesehatan,"katanya.(dwu/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper