Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Untuk Stabilkan Pasar, BI Lakukan Intervensi Ganda

 
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 26 Agustus 2013  |  19:12 WIB

 

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menstabilkan kondisi pasar yang masih bergejolak, Bank Indonesia melakukan intervensi ganda baik valuta asing maupun rupiah.

Dirut Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Hartadi A. Sarwono mengatakan di tengah ketidakpastian ekonomi global, BI melakukan intervensi valas guna memenuhi kebutuhan dolar.

"Saat intervensi valas, otomatis rupiah masuk [ke BI] lalu untuk menjaga keseimbangan pasar, BI membeli obligasi pemerintah yang dijual asing dalam bentuk rupiah, sehingga rupiahnya tetap masuk ke pasar," katanya, Senin (26/8/2013).

Hartadi yang sebelumnya pernah berkiprah selama 33 tahun di BI mengemukakan bonds pemerintah yang dipegang investor asing jumlahnya cukup besar.

Menurutnya, intervensi dan kebijakan yang dilakukan BI dilakukan untuk menjaga keseimbangan pasar dalam jangka waktu yang pendek. Sedangkan, 4 kebijakan pemerintah yang baru-baru saja dikeluarkan adalah untuk mengelolah perokonomian dalam jangka panjang, tapi manfaatnya belum bisa dirasakan pada saat ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bi intervensi ganda
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top