Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dahlan Iskan: Semen Indonesia dan RNI Siap Beli Peternakan Australia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan dua BUMN, PT Pupuk Indonesia dan PT RNI  siap berinvestasi peternakan sapi dengan membeli peternakan di Australia untuk pembibitan, sedangkan penggemukan dilakukan di Indonesia. "Masih negosiasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan dua BUMN, PT Pupuk Indonesia dan PT RNI  siap berinvestasi peternakan sapi dengan membeli peternakan di Australia untuk pembibitan, sedangkan penggemukan dilakukan di Indonesia.

"Masih negosiasi sekarang, itu tidak pakai anggaran negara, tapi anggaran BUMN," katanya di Kantor Presiden, Kamis (12/9).

Dia menjelaskan Indonesia masih kekurangan pasokan sapi, dan Australia dipandang sebagai lokasi yang tepat untuk pembibitan sementara penggemukan di dalam negeri.

"Nah, yang menternakan sapi yang paling murah itu di Australia. Tapi untuk menggemukan sapi yang paling murah itu di Indonesia. Dengan demikian, nanti BUMN punya peternakan sapi di Australia, terus setelah sapinya lahir beberapa bulan kemudian dikirim ke Indonesia kemudian digemukkan oleh peternakan di Indonesia".

Itu yang terbaik. Karena membuat anak sapi di Australia itu jauh lebih murah, tapi menggemukan sapi di Indonesia jauh lebih murah daripada di Australia, ungkapnya.

Dua BUMN yang siap, menurutnya, adalah Pupuk Indonesia Holding Company dan RNI.

"Dua ini melakukan, yang Pupuk Indonesia itu skala besar, sekitar 1 juta hektare sekitar itulah atau 900.000 atau 1,1 juta juga oke. RNI skala intensif, lebih kecil tapi intensif. Nanti keduanya mengatasi masalah sapi di Indonesia," tukas Dahlan.

Dahlan menambahkan sudah dilakukan survei dan dicari rekan peternakan di sana. Tidak dari awal, tetapi membeli saham mayoritas peternakan yang sudah berjalan.

"Jangan-jangan tahun ini sudah bisa, karena sekarang ini mereka sudah studi ke Australia. Memilih 'partner' (mitra), kita kan bukan membuat baru. Kita kan membeli yang ada di sana, membeli saham mayoritasnya," papar Dahlan.

Menurut Menteri BUMN, anggaran yang diperlukan berkisar antara Rp1 triliun hingga Rp2 triliun.

Sementara itu Menteri Pertanian Suswono mengatakan ia belum mengetahui rencana tersebut.

"Itu wilayah privat, BUMN, itu terserah. Pada dasarnya kami berharap Australia yang investasi di sini," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper