Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

J Trust Beli 10% Saham Bank Mayapada

J Trust Pte. Ltd., perusahaan investasi asal Jepang mengumumkan pembelian 10% saham PT Bank Mayapada International Tbk. dengan nilai transaksi sekitar Sin$57 juta atau setara Rp547,19 miliar (S$1=Rp9.599)
Layanan Bank Mayapada/Bisnis
Layanan Bank Mayapada/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - J Trust Pte. Ltd., perusahaan investasi asal Jepang mengumumkan pembelian 10% saham PT Bank Mayapada International Tbk. dengan nilai transaksi sekitar Sin$57 juta atau setara Rp547,19 miliar (S$1=Rp9.599)

J Trust Pte. Ltd., anak usaha J Trust Co. Ltd., perusahaan keuangan yang tercatat di bursa efek Jepang., membeli 347,83 juta saham Bank Mayapada yang dilakukan pada Jumat 27 Desember 2013.

Dalam keterangannya, J Trust Co. Ltd., menyatakan minat mengembangkan bisnis ritel dengan langkah pertama membentuk aliansi bisnis strategis dengan Bank Mayapada yang memiliki pembiayaan ritel penuh.

"Sebagai langkah pertama dalam mengembangkan bisnis di Asia Tenggara, J Trust akan mengakuisisi saham Bank Mayapada dan membentuk aliansi bisnis strategis dengan Bank Mayapada," bunyi keterangan resmi J Trust Co. Ltd. dikutip Senin (6/1).

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Keuangan Bank Mayapada Hariati Tupang mengakui terdapat transaksi pembelian saham perseroan oleh J Trust.

"Transaksi tersebut tak membutuhkan izin dari regulator [Otoritas Jasa Keuangan], karena ini hanya perdagangan di market saja," ungkapnya pada Bisnis.

Dalam keterangannya tersebut, J Trust menyebut pemilihan Indonesia sebagai tujuan investasi atas pertimbangan hubungan bisnis yang telah dijalin antara Indonesia dan jepang.

J Trust menyebut Indonesia telah mencapai pertumbuhan ekonomi yang luar biasa sejak mengatasi krisis keuangan.

Langkah aliansi tersebut diharapkan menjadi pendorong bisnis regional dan menciptakan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan surat pengantar yang disampaikan kepada otoritas bursa Indonesia, pembelian saham Bank Mayapada oleh J Trust dilakukan secara bersamaan.

J Trust mengambil alih 6% atau 69,56 juta saham milik Summertime Ltd. dan 4% saham yang dikuasai Brilliant Bazaar Pte. Ltd. atau setara dengan 139,13 juta pada harga Rp1.600 pada 27 Desember 2013.

Harga pembelian itu tercatat di bawah harga penutupan saham Bank Mayapada pada perdagangan Selasa (24/12) yang tercatat Rp1.800.

Bank Mayapada dikendalikan oleh pengusaha nasional Dato' Sri Tahir melalui PT Mayapada Karunia dengan kepemilikan 22,5% dan PT Mayapada Kasih dengan kepemilikan 2,84%.

Berdasarkan laporannya, J Trust Pte. Ltd. memiliki modal dasar 125 juta Yen atau setara dengan US$1,19 juta.

Bank Mayapada mencatat laba bersih senilai Rp352,42 miliar hingga September 2013 dengan aset yang dikelola mencapai Rp21,17 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper