Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONSOLIDASI PERBANKAN: BI Dukung Penggabungan Bank Kecil

Bank Indonesia (BI) mendukung dilaksanakannya konsolidasi bank dengan modal di bawah Rp1 triliun untuk memperkuat modal, sekaligus menciptakan bank-bank yang sehat serta lebih tahan terhadap guncangan perekonomian.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 22 April 2014  |  22:37 WIB
Bank Indonesia - Bisnis.com
Bank Indonesia - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mendukung dilaksanakannya konsolidasi bank dengan modal di bawah Rp1 triliun untuk memperkuat modal, sekaligus menciptakan bank-bank yang sehat serta lebih tahan terhadap guncangan perekonomian.

Gubernur BI Agus D. W. Martowardojo mengatakan dari sisi makroprudential Bank Sentral akan sejalan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa bank-bank di Indonesia kini memerlukan era konsolidasi.

“Perbankan di Indonesia perlu era konsolidasi,” ungkapnya.

Di sisi lain, Agus mengatakan meski rasio kecukupan modal perbankan (capital adequacy ratio/CAR) mencapai membaik mencapai 19% , sedangkan rasio pembiayaan terhadap pendanaan (loan to deposit ratio/LDR) membaik, sehingga dari sisi likuiditas industri perbankan cukup terjaga.

Tahun ini, Agus mengungkapkan industri perbankan masih terus menerapkan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran pembiayaan serta perlu peningkatan good corporate governance (GCG) yang baik.

Namun, jika dari bank-bank yang  diminta divestasi oleh OJK menjadi bank berdampak sistemik atau domestik sistematically import bank (DSIB) maka BI akan beri perhatian. Menurutnya, jumlah bank yang terdaftar dalam DSIB, mencapai 10 bank hingga 30 bank.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total fungsi intermediasi yang disalurkan hingga Februari 2014 mencapai Rp3.267 triliun, tumbuh 20,19% dari posisi Rp2.718 triliun year on year.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia konsolidari bank kecil
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top