Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukit Asam Genjot Kinerja Keuangan Saat Harga Batubara Rendah

Meski indeks harga batubara dunia sedang turun, PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) mampu menggenjot kinerja keuangannya sepanjang kuartal I/2014.n

Bisnis.com, JAKARTA—Meski indeks harga batubara dunia sedang turun, PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) mampu menggenjot kinerja keuangannya sepanjang kuartal I/2014.

Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Joko Pramono menuturkan peningkatan kinerja tersebut didukung oleh strategi optimasi penambangan dan strategi pemasaran dengan menerapkan 7 Market Brand.

Menurutnya, strategi tersebut mampu meningkatkan harga jual rata-rata tertimbang batubara Bukit Asam yang naik menjadi Rp733.396 per ton pada 3 bulan pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp613.810 per ton.

Kemudian, kinerja keuangan juga didukung oleh efisiensi melalui optimasi penambangan, di antaranya dengan mengoptimalkan pemakaian peralatan operasional yang menggunakan tenaga listrik.

“Apalagi, sejak 2012 semua peralatan operasional beserta penunjang di wilayah operasi Tanjung Enim yang menggunakan tenaga listrik beralih ke pemakaian tenaga listrik milik sendiri yang dihasilkan PLTU Tanjung Enim 3x10 MW,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (28/4/2014).

Sementara itu, sisa pemakaian tenaga listrik (excess power) dijual ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Demikian juga halnya di Pelabuhan Tarahan, Lampung. Sejak beroperasinya PLTU Pelabuhan Tarahan 2x8 MW milik sendiri akhir tahun lalu, seluruh peralatan operasional pelabuhan tidak lagi menggunakan listrik milik PLN dan excess power-nya malah dijual ke PLN.

Sebagaimana diketahui, Bukit Asam mencetak laba bersih Rp536,3 miliar sepanjang kuartal I/2014 atau naik 8,74% dari periode yang sama tahun lalu Rp493,18 miliar.

Dari sisi penjualan, Bukit Asam membukukan pertumbuhan sebesar 11,37% menjadi Rp3,09 triliun dari sebelumnya Rp2,77 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper