Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RESTRUKTURISASI MERPATI, Hari Ini Dahlan Iskan Bakal Dicecar DPR

Komisi VI DPR mempertanyakan dasar hukum Surat Kuasa Usaha 236 dari Menteri Badan Usaha Milik Negara kepada PT Perusahaan Pengelola Aset untuk melakukan restrukturisasi dan revitalisasi Merpati Nusantara Airlines.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 11 Juni 2014  |  06:45 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan  - bisnis.com
Menteri BUMN Dahlan Iskan - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi VI DPR mempertanyakan dasar hukum Surat Kuasa Usaha 236 dari Menteri Badan Usaha Milik Negara kepada PT Perusahaan Pengelola Aset untuk melakukan restrukturisasi dan revitalisasi Merpati Nusantara Airlines.

Anggota Komisi VI Erman Radjagukguk mengatakan surat kuasa tersebut cacat hukum karena Kementerian BUMN menggunakan Pasal 14 ayat 3 Undang-undang (UU) No.19/2003 tentang BUMN. Padahal dalam pasal tersebut, pemberian kuasa bisa dilakukan kepada perseorangan atau kelembagaan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Tapi dalam surat kuasa kepada PPA, proses revitalisasi dan restrukturisasi diserahkan ke PPA kecuali soal pergantian direksi atau pembagian deviden,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat terkait penyelamatan Merpati Selasa (10/6/2014).

Menurutnya Menteri BUMN Dahlan Iskan yang memiliki semangat enterpreneurship sering bertindak serampangan dalam hal pendelegasian wewenang tanpa mengikuti tata aturan yang berlaku dengan maksud melakukan usaha penyelamatan BUMN.

Dalam RDP tersebut Komisi VI berencana mempertanyakan terkait surat kuasa tersebut kepada Dahlan dalam rapat kerja terkait kinerja BUMN pada Rabu (11/6/2014)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merpati nusantara airlines
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top