Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Beri Asuransi Adira Peringkat AA

PT Fitch Ratings Indonesia mengafirmasi peringkat national insurer financial strength PT Asuransi Adira Dinamika pada level AA (idn) dengan prospek stabil.
  Aktivitas di Asuransi Adira. /
Aktivitas di Asuransi Adira. /

Bisnis.com, JAKARTA-PT Fitch Ratings Indonesia mengafirmasi peringkat national insurer financial strength PT Asuransi Adira Dinamika pada level AA (idn) dengan prospek stabil.

Analis Utama PT Fitch Ratings Indonesia Cheryl Evangeline menyampaikan peringkat tersebut menunjukkan kapasitas yang kuat untuk memenuhi kewajiban kepada pemegang polis.

“Peringkat tersebut mencerminkan margin underwriting Adira Insurance yang sehat dan campuran portofolio investasi yang prudent,”ujar perempuan yang juga menjabat Associate Director PT Fitch Ratings Indonesia itu dalam siaran pers, Sabtu (30/8/2014).

Dia memaparkan perusahaan membukukan pre-tax return on assets dan return on average equity yang baik, yaitu masing-masing sebesar 11,1% dan 31,1%, pada akhir 2013.

Rasio gabungan perusahaan secara konsisten tetap di bawah 85% selama lima tahun terakhir, didukung oleh praktek underwriting dan manajemen klaim yang disiplin. Rasio gabungan perusahaan pada akhir Maret 2014 tetap pada tingkat yang terkendali.

Lebih dari 95% dari total aset yang diinvestasikan Adira Insurance pada akhir 2013 berada di setara kas dan instrumen pendapatan tetap.

Perusahaan dianggap telah menjaga eksposur investasi saham dalam batas minimum, yaitu kurang dari 5% terhadap ekuitas pemegang saham pada akhir 2013.

Portofolio bisnis perusahaan ini didominasi oleh asuransi kendaraan, dengan premi kendaraan bermotor menyumbang 63,2% dari total premi bruto pada akhir 2013.

Manajemen perusahaan bermaksud untuk mencapai diversifikasi yang lebih baik melalui peningkatan saluran distribusi dan sistem teknologi informasi, serta mengembangkan produk baru.

Kapitalisasi Adira Insurance, yang diukur dengan rasio kapitalisasi berbasis risiko, mencapai 212% pada akhir Maret 2014, sepadan dengan kategori peringkat perusahaan.

Prospek Stabil mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa Adira Insurance akan terus mengadopsi manajemen reasuransi yang baik untuk mengurangi risiko bencana alam. Selain itu pula menjaga penyangga modal yang cukup untuk mendukung bisnis operasionalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lavinda
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper